Pemerintah Tawarkan Dosen Belajar ke Luar Negeri

Pemerintah Tawarkan Dosen Belajar ke Luar Negeri

Palembang  - Pemerintah menawarkan kepada dosen perguruan tinggi di Indonesia untuk memperdalam ilmu pengetahuan ke universitas di luar negeri, terutama jenjang pendidikan doktor.
Pemerintah di tahun 2011 ini memberikan peluang sebanyak 1.000 dosen yang belajar ke luar negeri dan peluang itu harus direbut perguruan tinggi di Indonesia, kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal saat pertemuan Konvensi Kampus dan temu rektor se Indonesia di Palembang, Kamis malam.
Oleh karena itu, melalui pertemuan forum rektor se Indonesia di Palembang ini peluang dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bisa merebut seluruh perguruan tinggi yang ada, kata dia.
Menurut dia, perguruan tinggi juga perlu melakukan mitra pada universitas di luar negeri, sehingga kualitas sumber daya manusia akan semakin baik.
Jumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia sekarang ini sebanyak 54 unit ditambah 450 perguruan tinggi swasta, kata dia.
Lebih lanjut dia mengatakan, pentingnya memperdalam ilmu ke luar negeri itu, karena dosen yang memiliki pendidikan strata tiga masih kurang.
Sekitar 155 ribu dosen perguruan tinggi yang ada di Indonesia, hanya 12 persen berjenjang S3, kata dia lagi.
Sehubungan itu, melalui forum rektor sekarang ini permasalahan tersebut harus dibahas bersama, kata dia.
Gubenur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pertemuan forum rektor itu diharapkan pembangunan di daerah semakin maju terutam di provinsi yang akan menjadi tuan rumah SEA Games ini.
Sumsel kaya akan potensi sumber daya alam dan itu harus digali termasuk peran serta forum rektor, ujar dia.
Ketua forum rektor 2011 - 2012, Prof Dr Hj Badia Perizade mengatakan, pertemuan forum rektor itu diharapkan bermanfaat bagi semua pihak terutama Sumsel.(*) (T.U005/M033/R009)

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/1294933449/pemerintah-tawarkan-dosen-belajar-ke-luar-negeri

Comments are closed.