Penandatanganan MoU dengan Alliance Francaise

Penandatanganan MoU dengan Alliance Francaise

Kiriman Nyoman Dewi Pebriyani, ST., MA., Dosen PS. Desain Interior. 

Bertemapat di Gedung Rektorat Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, hari Sabtu (5/5) diselenggarakan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ISI Denpasar dengan Alliance Francaise Denpasar. Perwakilan dari Alliance Francaise Denpasar Ms.Virgine Isnard selaku direktur yayasan melakukan penandatanganan dengan Rektor ISI Denpasar. Penandatanganan MoU kali ini sangat istimewa, dikatakan demikian karena usai melakukan penandatanganan langsung diadakan workshop dan seminar sebagai aplikasi dari MoU ini, “ini merupakan hal yang luar biasa, tidak hanya penandatanganan, tetapi langsung action” ungkap Prof. Rai dalam sambutannya.

Acara yang dihadiri oleh segenap pejabat struktural, dosen, pegawai, dan mahasiswa di lingkungan ISI Denpasar ini dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 10.00. Usai acara Penandatanganan MoU, kemudian dilanjutkan dengan agenda pelaksaanaan workshop dan seminar oleh seniman komik dari Prancis, yakni Mr. Joel Alessandra.

Workshop diadakan di Fakultas Seni Rupa dan Desain, dengan melibatkan beberapa mahasiswa dan dosen dari jurusan Desain Komunikasi Visual. Mr. Joel mengadakan workshop komik dengan tema “Nature and City”, dalam workshop ini beliau menjelaskan mengenai tahapan pembuatan komik, kemudian cara pembuatan story board, comic script, illustrasi, hingga karakter dalam komik. “dalam membuat komik, anda harus bisa mengimajinasikan karakter dan cerita dalam sebuah gambar”, ungkap mr.joel disela-sela workshop. Setelah menyelesaikan karakter dan gambar selanjutnya adalah tahapan finishing, dalam penyelesaian gambar, Mr.Joel memperkenalkan teknik baru kepada peserta workshop, yakni teknik kopi, dengan menggunakan kopi seduh dan kuas beliau mempraktekkan cara mewarnai karakter komik. Hal ini tentu saja membuat peserta takjub, “kopi yang disimpan selama berhari-hari juga bisa digunakan dalam teknik ini, semakin lama kopi disimpan maka hasilnya akan semakin pekat”, ungkapnya.

Usai mengadakan workshop dilanjutkan dengan Seminar yang dilaksanakan pada pukul 14.30 di gedung Latta Mahosadi ISI Denpasar. Dalam presentasi yang dibawakan oleh Mr.Joel, beliau memperlihatkan beberapa karya komik yang pernah dikerjakan. Serta menceritakan bagaimana proses pembuatan sebuah komik dari mulai proses ide, produksi, hingga sampai ke tangan konsumen. Tentu saja hal ini membuat peserta antusias mendengarkan dan melontarkan banyak pertanyaan dalam sesi Tanya jawab. “Bagaimana caranya agar saya bisa menjadi seorang komikus seperti anda” salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang peserta. “yang terpenting adalah jangan pernah putus asa dan ambillah ide cerita dari hal-hal yang terdekat dengan anda, sehingga anda memiliki informasi yang lengkap mengenai ide cerita itu” ungkap mr.joel.

Adapun acara seminar ini ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan dari oleh ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual kepada Ms.Virginie Isnard dan Mr.Joel Alessandra, kemudian foto bersama dengan beberapa dosen dan seluruh peserta seminar.

Comments are closed.