PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA ISI DENPASAR TAHUN 2016

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA ISI DENPASAR TAHUN 2016

Salah satu tantangan pendidikan tinggi Indonesia saat ini adalah bagaimana merubah pola pikir lulusan dari job seeker (pencari kerja) menjadi job creator (pencipta lahan kerja) ditengah ketersediaan lapangan pekerjaan yang terbatas. Sebagian besar lulusan perguruan tinggi lebih memilih berkerja sebagai karyawan atau pekerja yang dibayar oleh suatu instansi/perusahaa

n dibandingkan dengan memulai usaha sendiri bekerja mandiri dan mempekerjakan orang lain atau biasa disebut dengan berwirausaha. Ironisnya, mayoritas pengusaha sukses yang mau bekerja secara mandiri dan mempekerjakan banyak orang justru dikontribusikan oleh lulusan SD dan SMP. Kewirausahaan adalah hal yang dapat dipelajari dan perguruan tinggi merupakan salah satu tempat yang paling tepat untuk melakukan pendidikan kewirausahaan ini.

Atas latar belakang tersebut Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar melaksanakan Diklat Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2016 dan kegiatan ini merupakan salah satu program Kemenristekdikti dengan prioritas nasional yang wajib dijalankan oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Diklat PMW tahun 2016 ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III ISI Denpasar (Drs. I Wayan Gulendra, M.Sn) Senin (18/7) pagi pada pukul 08.00 WITA bertempat di Lt. 3 Gedung Citta Kelangen. Acara diawali dengan laporan  Diklat yang dibawakan oleh Sekretaris Panitia Pengelola PMW (Drs. I Gusti Bagus Priatmaka, MM). Sementara itu Rektor ISI Denpasar dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Wakil Rektor III menghimbau agar mahasiswa ISI Denpasar mampu memanfaatkan skill individu masing-masing, mengasah jiwa wirausaha, serta mampu mengemas atau mengelola produk menjadi sebuah usaha sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan mampu bersaing dalam dunia bisnis. Diharapkan kedepannya seluruh lulusan ISI Denpasar dapat mengembangkan potensi diri dan mampu bekerja secara mandiri, ujarnya sekaligus membuka secara resmi Diklat PMW tahun 2016.

Pelaksanaan Diklat PMW tahun 2016 cukup diminati oleh para mahasiswa ISI Denpasar. Tercatat sejumlah 150 mahasiswa ISI Denpasar yang berasal dari berbagai program studi mengikuti pelaksanan Diklat PMW tahun 2016 ini. Dalam pelaksanaannya, para peserta diklat diberikan materi Diklat dari penceramah/instruktur yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi UNUD yang memiliki kompetensi perusahaan. Adapun para penceramah/instruktur yang hadir memberikan materi kepada peserta diklat adalah sebagai berikut:

InstrukturMateri
Dr. I P. G. Sukaatmadja, SE., MPKewirausahaan
Drs. I Komang Erdana, MMPengantar Manajemen
Dr. I G A. Kt. Giantari, SE., M.SiManajemen Pemasaran
Dra. Ni Ketut Purnawati, MSManajemen Operasi
I Gst. Ayu Dewi Adnyani, SE., M.SiManajemen SDM
Dr. Henry Rahyuda, SE., MM., AkLaporan Keuangan Usaha
Drs. I Wayan Mudiarta Utama, MMEtika Bisnis
Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE., MSPengantar Bisnis

                Adapun tujuan dilaksanakannya Diklat PMW tahun 2016 ini diantaranya adalah agar mahasiswa memiliki wawasan tentang kewirausahaan, mampu menjabarkan rencana bisnis yang mempunyai sasaran yang realistik, mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan usaha yang akan dikelola dan mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun peluang yang ada dalam usaha merealisasikan rencana bisnis yang telah disusun, serta mampu menyusun proposal rencana bisnis untuk berwirausaha dan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa dalam Bidang Kewirausahaan. Diklat PMW tahun 2016 dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu hari Senin dan Selasa tanggal 18-19 Juli 2016 di kampus ISI Denpasar.

No Comments Yet.

Leave a comment