PENERIMAAN MAHASISWA BARU ISI DENPASAR TAHUN AJARAN 2016/2017

PENERIMAAN MAHASISWA BARU ISI DENPASAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Sumber: BaliTV

“Penjaringan calon mahasiswa baru melalui seleksi ketat akan menghasilkan input yang baik, memudahkan proses perkuliahan dan pada akhirnya menghasilkan lulusan yang berkualitas”, hal ini disampaikan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar (Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum) di sela-sela ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Denpasar tahun ajaran 2016/2017 pada hari Kamis (20/7) di kampus setempat.

Rektor ISI Denpasar menyampaikan bahwa tes penerimaan mahasiswa baru ISI Denpasar digelar melalui dua sistem, yakni ujian teori dan ujian praktek. Proses penyaringan bertujuan menggali potensi yang dimiliki calon mahasiswa baru sekaligus mengetahui talenta yang dimiliki dalam berkesenian dan komitmen untuk belajar seni, tanpa disertai komitmen kuat dan talenta dalam berkesenian mahasiswa akan kesulitan mengikuti perkuliahan di ISI Denpasar. Perguruan tinggi di Indonesia khususnya ISI Denpasar melakukan ujian penerimaan mahasiswa secara mandiri karena terkendala ujian praktek yang harus dilakukan di kampus setempat. Rektor ISI Denpasar berharap melalu proses penyaringan yang ketat, ISI Denpasar mampu menghasilkan lulusan berkualitas.

Senada dengan Rektor ISI Denpasar, Wakil Rektor I ISI Denpasar (Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa, M.Kes) menyampaikan bahwa ujian penerimaan mahasiswa baru ISI Denpasar berperan penting untuk menyaring calon mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dan berharap sumber daya yang masuk ke ISI Denpasar akan meningkat kualitasnya dari tahun ke tahun.

Minat menempuh pendidikan ke ISI Denpasar mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 20 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini calon mahasiswa baru yang mendaftar ke ISI Denpasar mencapai 650 orang, meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 540 orang. Diantara 12 Program Studi di ISI Denpasar, peningkatan p

eminat didominasi oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Karawitan. Meski demikian program studi lainnya juga mendapat perhatian yang sama. ISI Denpasar memberikan sejumlah kelonggaran pada Program Studi yang sepi peminat seperti membebaskan uang SPP selama satu tahun. Sejumlah Program Studi seperti Seni Pedalangan dan Kriya kurang diminati karena tidak sembarang orang dapat menekuninya tanpa disertai panggilan jiwa yang kuat untuk menjaga seni dan budaya tradisional.

1 Response

  1. Kapan pendaftaran mahasiswa baru dalam bidang studi kriya dan berapa pembayarannya

Leave a comment