Penutupan KKN ISI Denpasar Berlangsung Meriah

Penutupan KKN ISI Denpasar Berlangsung Meriah

IMG_1377Kiriman : Nyoman Lia Susanthi, SS., MA (Dosen PS. Film dan Televisi ISI Denpasar)

Foto : Lila Sardana, ST dan Nyoman Tri Sutanaya

Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa ISI Denpasar tahun 2014 yang diadakan di Kabupaten Bangli ditutup tanggal 5 September 2014, bertempat di Wantilan Desa Penglipuran Bangli. Penutupan KKN dihadiri langsung oleh Bupati Bangli, I Made Gianyar, S.H.,M.Hum. Dalam sambutannya Bupati sangat bangga dengan kinerja mahasiswa ISI Denpasar dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh kepada masyarakat. Karena KKN ISI Denpasar sangat ditunggu-tunggu masyarakat Bangli, maka masyarakat setempat menyambut baik kehadiran para mahasiswa ISI Depasar. Banyak bukti yang dihasilkan dari pengabdian mahasiswa di desa, antara lain saat lomba pasraman di Desa Satra, peran mahasiswa sangat aktif sehingga membantu pelaksanaan lomba menjadi lebih baik dan lancar. “Begitu pula saat penutupan ini yang dimeriahkan oleh tari dan tabuh serta pameran hasil binaan mahasiswa ISI Denpasar, tidak akan sebaik ini tanpa binaan mahasiswa ISI Denpasar” tegas Bupati Bangli. “Penabuh anak-anak dari Desa Payung Gede terlihat sangat tenang pasti berkat binaan dari mahasiswa ISI Denpasar” ujar Bupati seraya tersenyum bangga. Bupati juga menghaturkan terimakasih yang mendalam kepada Rektor ISI Denpasar beserta jajarannya dan civitas akademika yang sudah memberikan banyak bantuan untuk Bangli baik dalam pementasan saat 17 Agustus lalu maupun pengabdian lewat kegiatan KKN. Kedepan realisasi MoU juga akan mengupayakan kerjasama dengan ISI Denpasar terkait dengan pemetaan seni budaya yang ada di Bangli.

IMG_1323Sementara Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar.,M.Hum dalam sambutannya menghaturkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Bangli yang telah menerima dan menjaga dengan baik mahasiswa KKN dari ISI Denpasar. Harapan makasiswa KKN ISI Denpasar menjadi menjadi rahmat bagi kabupaten Bangli telah terwujud. Rektor ISI Denpasar manambahkan bahwa walaupun KKN ISI Denpasar sudah berakhir tapi hubungan baik dan kerjasama antara ISI Denpasar dengan Pemkab Bangli tidak berakhir. Sebagai realisasi MoU dalam bidang penelitian adalah ISI Denpasar juga berencana tahun 2015 untuk membantu Pemkab Bangli dalam pemetaan kesenian di Bangli, sehingga hasil pemetaan ini sebagai acuan dalam mengembangkan program-program pelestarian seni dan budaya di Bangli. Rektor ISI Denpasar juga akan terus melakukan evaluasi dari kegiatan KKN, karena ada banyak masukan untuk memperpanjang durasi KKN ISI Denpasar di desa, sehingga pengabdian mahasiswa di desa menjadi lebih optimal.

IMG_1480Dalam laporan Ketua Panitia KKN ISI Denpasar, Drs. I Ketut Buda, M.Si, menyatakan bahwa peserta KKN ISI Denpasar sebanyak 235 mahaswa yang terdiri dari 145 dari FSRD dan 90 dari FSP. KKN periode ini difokuskan pada 4 kecamatan di Kabupaten Bangli, yaitu Kecamatan Bangli pada 3 desa yaitu Taman Bali, Pengotan, dan Kubu, Kecamatan Susut juga pada 3 desa yaitu Sulahan, Abuan dan Susut, Kecamatan Tembuku pada 3 desa yaitu Jehem, Tembuku dan Undisan serta terakhir di Kecamatan Kintamani pada 6 desa yaitu Bayung Gede, Belatih, Satra, Sukawana, Abangsongan serta Songan. Dalam penutupan KKN, masing-masing binaan mahasiswa di desa tampil dihadapan Bupati Bangli, Rektor ISI Denpasar serta masyarakat umum. Mereka mebawakan beberapa tari dan tabuh serta pameran hasil karya selama melakukan binaan di Bangli. Suasana penutupan berlangsung meriah hingga petang dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat.

Comments are closed.