Penyerahan SK Program Pascasarjana

Penyerahan SK Program Pascasarjana

Bertempat di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, Kamis (28/4) Rektor ISI Denpasar menerima kunjungan Dirjen DIKTI (Pendidikan Tinggi) yang dalam kesempatan ini diwakili oleh SesDirjen atau sekretaris Dirjen DIKTI Dr. Haris Iskandar serta anggota komisi X DPR-RI yang membawahi bidang Pendidikan, Bapak I Wayan Koster dengan agenda penyerahan Surat Keputusan (SK) pembukaan Program Pascasarjana ISI Denpasar. Turut diundang pula Rektor Universitas Udayana (Unud), Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksa), serta Koordinator Kopertis wilayah VIII serta seluruh civitas akademika baik dari dosen, pegawai, hingga mahasiswa ISI Denpasar menghadiri acara ini yang juga dimanfaatkan sebagai pemaparan atau sosialisasi mengenai program Dikti dalam bidang pendidikan.

Dalam kesempatan ini Bapak Dr.Haris Iskandar mengungkapkan dalam meningkatkan kualitas dibidang pendidikan dibutuhkan kerjasama semua pihak, tidak hanya dari pemerintahan dan dinas Pendidikan Tinggi namun juga pelaku atau civitas akademik yang terlibat didalamnya untuk selalu mendukung seluruh usaha atau strategi yang telah dibuat, adapun sasaran strategi yang telah ditentukan untuk beberapa tahun mendatang adalah berbagi sumber daya, proses, serta memanfaatkan sumber informasi, ketiga hal tersebut apabila dipahami dan dilakukan dengan baik diharapkan dapat menjadi senjata ampuh dalam peningkatan pendidikan di Indonesia. Dalam bidang seni misalnya, beliau mencontohkan ISI Denpasar yang memiliki karakter atau ciri khas yang akan selalu dicari oleh orang-orang yang memang ingin mempelajari kesenian atau budaya Bali, dan mereka diharuskan datang ke Bali. Dalam usaha peningkatan ini ada baiknya juga dibarengi dengan membuka program studi yang memang berkenaan dengan seni atau budaya tersebut serta program lanjutan pascasarjana.

Hal yang senada disampaikan pula oleh Bapak I Wayan Koster yang mengharapkan banyak gagasan baru dibidang pendidikan berupa Pengembangan Program Studi yang diharapkan disesuaikan dengan potensi daerahnya masing-masing .“Kedepannya keputusan baru di bidang pendidikan tinggi daerah dalam batas tertentu diharapkan tidak lagi diputuskan oleh pusat namun daerah juga mampu memutuskannya sehingga konsep desentralisasi bisa berjalan dengan baik”, lanjutnya.

Usai acara sambutan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan berupa lukisan yang dikerjakan oleh salah satu mahasiswa Jurusan Seni Lukis yaitu Wahyu Mahameru, ditengah keterbatasannya ia mampu menyelesaikan dua buah lukisan yang dipersembahkan untuk bapak SesDirjen dan salah satu anggota Komisi X DPR-RI. Kemudian Rombongan diarahkan menuju gedung Kriya Hasta Mandala untuk pembukaan pameran hasil karya mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, para rombongan cukup antusias menikmati karya yang disuguhkan sebelum akhirnya harus meninggalkan ISI Denpasar untuk kembali ke Jakarta.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.