Perayaan Tumpek Klurut

Perayaan Tumpek Klurut

Kiriman Ni Ketut Dewi Yulianti, SS., MHum., Staf Dosen PS. Seni Karawitan
Perayaan Tumpek Krulut yang jatuh pada hari Sabtu tepatnya Saniscara Krulut ( 17/3 ) ini selain untuk melestarikan seni tabuh juga untuk melestraikan seni budaya, karena seni budaya di Bali tidak bisa dipisahkan dengan agama hindu. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, merayakan Tumpek Klurut ini di Gedung Latha Mahosadi ISI Denpasar, yang dihadiri oleh mahasiswa, pegawai dan dosen Fakultas Seni Pertunjukan. Hadir pula dalam acara tersebut Rektor ISI, PR I, PR IV, Dekan kedua fakultas, serta Kejur Karawitan.

 Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. mengatakan bahwa makna peringatan Tumpek Klurut selain sebagai sujud bakti kepada Ida Shang Hyang Widhi juga untuk melestarikan seni tetabuhan, mendalami spirit tetabuhan yang melahirkan keteduhan dan kekuatan. “Saya atas nama Pimpinan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa, pegawai dan dosen yang telah mempersiapkan upakara untuk perayaan Tumpek Klurut kali ini, sehingga kita bisa ngaturang bakti bersama-sama,”ujar Rai ditemui seusai acara persembahyangan.

 “Selain menabuh pada acara perayaan Tumpek Landep tesebut, hari ini, bertempat di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, mahasiswa Jurusan Karawitan juga ikut tampil mengiringi lomba Tari Baris yang diselenggarakan oleh KNPI Kota Denpasar dengan tema Melalui Lomba Tari Baris, Kita Tingkatkan Semangat Generasi Muda untuk Mewujudkan Kota Berwawasan Budaya. Tiga dosen Jurusan Tari ISI Denpasar juga dilibatkan dalam lomba tersebut,”ujar Kejur Karawitan, I Wayan Suharta.

 Dipilihnya Gedung Natya Mandala ISI Denpasar sebagai tempat lomba Tari Baris ini, diawali dengan audensi KNPI Denpasar dengan Rektor ISI Denpasar  sehubungan lomba Tari Baris dimaksud beberapa hari sebelumnya. ISI Denpasar adalah milik masyarakat, tentu bukan hanya sekedar wacana. Ketika lomba yang dihadiri oleh Bapak Wali Kota serta Rektor ISI tersebut digelar, Masyarakat memenuhi Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, dan pemuspaan Tumpek Klurut pun berjalan hidmat di Gedung Latha Mahosadi.

Comments are closed.