Perkuat Pemberdayaan Pendidikan, Badan Penjaminan Mutu ISI Denpasar Gelar Pelatihan Pembuatan Buku Ajar

Perkuat Pemberdayaan Pendidikan, Badan Penjaminan Mutu ISI Denpasar Gelar Pelatihan Pembuatan Buku Ajar

buku ajarKiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen PS. Tv dan Film ISI Denpasar).

Denpasar- ISI Denpasar sebagai lembaga pendidikan seni tidak henti-hentinya melakukan peningkatan terhadap aspek tri darma perguruan tinggi. setelah beberapa waktu lalu ISI Denpasar mengadakan pameran dan seminar hasil penelitian, pada tanggal 22 November 2013, bertempat di gedung Citta Kelangen lantai II ISI Denpasar, Badan Penjaminan Mutu (BPM) ISI Denpasar menggelar pelatihan pembuatan buku ajar kepada para dosen. Sebanyak 30 dosen dari dua fakultas yaitu Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) mengikuti pelatihan selama 5 hari dari tanggal 22 November hingga 28 November 2013.

Acara dibuka oleh Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum. diihadiri pula para pembantu rektor dan dekan beserta jajarannya. Dalam sambutannya, rektor menyampaikan bahwa ISI Denpasar selama 4 tahun program kedepan, lebih fokus pada penguatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pembuatan buku ajar adalah salah satu dari program penguatan dalam bidang pendidikan.Buku ajar sangat penting dalam pelasanaan proses pembelajaran, karena kita akan memiliki panduan selama proses pembelajaran berlangsung, mahasiswa pun terbantu untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik dan berkualitas.  “Kegiatan sebagai realisasi untuk mewujudkan visi ISI Denpasar sebagai center of excellent tahun 2017, karena jika ingin menjadi pusat unggulan maka semua bidang khususnya tri darma harus unggul” ujar Dr. Arya. Pihaknya juga akan berupaya memberikan hibah setiap tahun untuk pembuatan buku ajar.

Semantara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) ISI Denpasar Dr. Drs. I Gusti Ngurah Ardana, M.Erg yang dalam kesempatan tersebut sebagai ketua panitia melaporkan bahwa ini merupakan kehormatan bahwa ISI Denpasar bisa berkolaborasi dengan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Udayana untuk program pelatihan ini. Adapun instruktur yang memberikan pelatihan adalah Prof. Dr. Ir. I Wayan Windia, SU, Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr., Sc., Ph.D, Ir. Ida Bagus Wayan Gunam, MP., Ph.D, Dr. Hapsari Mahatmi, MP dan Prof. Ny. Suarnasa. Dalam pelatihan buku ajar juga diisi dengan pelatihan penulisan jurnal ilmiah, penulisan panduan/ modul praktikum yang hasilnya dipresentasikan per kelompok. Dr. Ardana menambahkan bahwa pelatihan buku ajar ini sebagai upaya dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pendidikan berbasis kompetensi mencakup kurikulum, paedagogi dan penilaian.

Comments are closed.