Persembahan Tari Bali oleh Mahasiswa Asing ISI Denpasar Pukau Penonton di Samarinda

Persembahan Tari Bali oleh Mahasiswa Asing ISI Denpasar Pukau Penonton di Samarinda

Samarinda- Tiga mahasiswa asing ISI Denpasar, program Darmasiswa beberapa waktu lalu (13-16 Mei 2010) unjuk kebolehan menari Bali dalam Kegiatan Pembekalan Kepulangan bagi Mahasiswa Asing Peserta Program Darmasiswa RI Tahun Akademin 2009/ 2010, yang bertempat di Kampus Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur. Kepiawaian mereka menari yang mereka peroleh selama belajar di ISI Denpasar mendapat respon yang bagus dari penonton setempat. Dalam kegiatan pembekalan, mahasiswa mendapat kesempatan untuk menampilkan tarian dan kesenian lainnya yang selama ini mereka pelajari di kampus mereka masing-masing.  Mahasiswa asing dari ISI Denpasar menampilkan dua tarian yaitu Tari Wiranata yang ditarikan oleh Michal Mach dari Czech Republik serta Tari Legong Kuntul ditarikan oleh Hisano Nakamoto dari Jepang dan Ophelie Jill Raveaud dari Perancis. Mereka menari dengan lemah gemulai, sehingga applause demi applause terus menyambut usai mereka menarikan tari Bali tersebut. Dengan keindahan tarian yang didukung dengan penetaan kostum yang baik menjadikan mereka menjadi sorotan kamera dan mendapat banyak jepretan kamera. Hal tersebut diungkapkan oleh Michal Mach. Rasa bangga dan bahagia juga diungkapkan oleh Ophelie Jill. Selain menambah pengalaman, ini juga dapat menjadi motivasi baginya untuk datang ke Bali lagi guna mempelajari seni Bali dibawah asuhan para maestro seni pertunjukan. Sementara Hisano Nakamoto bertekat setelah kembali ke Negara asalnya dia ingin menjadi guru tari Bali sekaligus dapat mempromosikan Bali di negaranya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan Nasional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal terkait dengan informasi dunia pendidikan Indonesia, pekembangan seni dan tentang budaya Indonesia. Mahasiswa asing program Darmasiswa dari seluruh Indonesia ini diharapkan setelah kembalinya mereka ke negaranya masing-masing, mereka dapat memepromosikan Indonesia dan menjadi sumber informasi yang benar tentang Indonesia. Pembekalan diikuti 185 mahasiswa asing peserta program Daramasiswa RI yang belajar di lembaga pendidikan di Indonesia dan didampingi para pengelola dari lembaga perguruan tinggi.  Ajang ini juga sebagai sarana evaluasi selama mereka belajar di Indonesia khususnya di ISI Denpasar.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. yang ditemui dikesempatan berbeda menyampaikan dukungannya dan mengucapkan selamat atas prestasi yang telah ditorehkan oleh mahasiswa asing ISI Denpasar. Pihaknya menegaskan bahwa ajang ini sangat tepat untuk memperomosikan ISI Denpasar tidak hanya di kancah local bahkan internasional. Bahkan merak telah mampu mengukir citra positif ISI untuk dunia internasional.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.