Pesan Non Verbal Iklan Produk Komputer Pada Media Cetak

Pesan Non Verbal Iklan Produk Komputer Pada Media Cetak

Oleh : Ni Ketut Pande Sarjani, S.Sn

Dibiayai Dipa ISI Denpasar 2009

Ringkasan Penelitian

Komputer pribadi mulai banyak digunakan sebagai alat bantu  menulis sekitar tahun 80-an, perkembangan perangkat kumputer dari berbagai produsen  semakin pesat. Ini  terjadi kerena     komputer dapat meringankan dan mempercepat pekerjaan manusia. Mulai dari pekerjaan sederhana seperti pengetikan naskah sampai pada pekerjaan yang rumit menjadi lebih cepat dan mudah bila diselesaikan dengan komputer. Produsen merek-merek terkenal semakin gencar mencari temuan-temuan  dan terobosan-terobosan baru dalam rangka  peningkatan kwalitas dan keunggulan produknya. Berbagai media promosi pun digunakan untuk memperkenalkan produk mereka, salah satunya adalah iklan pada media cetak. Pemasangan sebuah iklan suatu produk pada perinsipnya adalah suatu pengenalan dari produsen ke konsumen tentang keunggulan produknya, untuk  dapat merangsang  atau mempengaruhi sikap konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, yang menjadi ukuran keberhasilan  marketing melalui sebuah iklan adalah  banyaknya jumlah konsumen yang terpengaruh dan terangsang untuk membeli produk yang ditawarkan.  Untuk mendukung keberhasilan ini dibutuhkan sebuah iklan yang mengandung nilai “Komunikatif”.  Usaha produsen dalam mempengaruhi konsumen agar membeli  suatu produk melalui sebuah iklan dalam media cetak pada prinsipnya  memanfaatkan pesan verbal dan nonverbal. Pesan verbal menggunakan kata-kata yang mempresentasikan berbagai aspek realitas, sedangkan non verbal adalah semua isyarat yang bukan kata-kata.  Kehadiran pesan  nonverbal dalam sebuah iklan sangat membantu produsen dalam menyampaikan keunggulan produknya  ke konsumen, merangsang konsumen untuk tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.  Pesan nonverbal  pada sebuah iklan sebagian besar disampaikan dengan bahasa objek berupa  gambar atau ilustrasi. Pesan  nonverbal yang  diungkapkan dalam sebuah iklan  dapat berfungsi untuk mengulangi ungkapan dari pesan verbalnya serta bersifat melengkapi arti pesan verbal. Pesan verbal akan kurang komunikatif jika tanpa ada sebuah gambar yang mendukung atau memeperjelas ungkapan  pesan verbal dalam sebuah iklan.  Dan  pesan nonverbal pada iklan jelas sekali terasa peranannya.  Melalui pengulangan (repetisi) dan penegasan oleh pesan nonverbal,  melahirkan iklan yang komunikatif dan mampu membangkitkan keinginan konsumen untuk membeli suatu produk yang ditawarkan..

Comments are closed.