Postur Alumni Cerminkan Citra Almamaternya

Postur Alumni Cerminkan Citra Almamaternya

Jakarta --- Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal menilai penting peran ikatan alumni terhadap kualitas lulusan sebuah  perguruan tinggi. "Postur alumni akan menunjukkan pencitraan dan kualitas sebuah almamater " ucapnya ketika menghadiri acara temu Ikatan Alumni Universitas Andalas, Sabtu (3/9) di Jakarta. " Sebenarnya perlu juga disadari wadah ikatan alumni itu bukan sekadar forum silaturahmi antar alumni saja, tetapi juga wadah untuk berembuk dan mengomunikasikan upaya dan usaha dalam memajukan almamaternya."

Melihat hal tersebut, tentunya diperlukan pembinaan dan pembangunan ikatan alumni yang kokoh, dan Fasli melihat perguruan tinggilah yang memegang peranan tersebut.  "Saya melihat  perguruan tinggi harus terlebih dahulu merapatkan barisannya, karena pembangunan ikatan alumni ini pada dasarnya memang untuk almamater, jadi usaha memajukan ikatan alumni ini tidak kalah penting dari pembangunan sarana dan prasarana kampus, " ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 1982 ini.

Alumni pun akan memiliki peranan penting dalam memberdayakan ikatan alumninya. Kehadiran alumni dalam setiap forum yang menghadirkan para mahasiswa, dan kemudian bercerita mengenai pengalaman kuliahnya hingga apa yang diraihnya  sekarang, merupakan inspirasi yang mudah ditanamkan di benak para mahasiswa.  "Bila ini berhasil dijalankan secara baik, bayangkan berapa banyak mimpi yang akan dimulai oleh para mahasiswa kita, tidak melulu mesti pejabat, siapa pun dan dari profesi apapun serta tidak harus pengalaman sukses saja tetapi juga kegagalan, karena kita dapat belajar pula dari ketidakberhasilan,"  Ucapnya sembari mengatakan bahwa metode serupa telah dijalankan oleh perguruan tinggi ternama dunia, seperti Harvard Universtity dan Cornell University.

Fasli menyarankan agar ikatan alumni tidak hanya aktif berkegiatan di daerah saja. Dia berharap kegiatan bisa bertaraf nasional bahkan internasional. "Dengan banyaknya kegiatan yang digagas oleh ikatan alumni  selain akan menjadi  sumbangsih yang besar bagi publikasi dan citra almamater yang dicintainya."

Sumber: kemdiknas.go.id

Comments are closed.