Presiden akan Buka Pesta Kesenian Bali ke-33

Presiden akan Buka Pesta Kesenian Bali ke-33

DENPASAR: Presiden SBY dipastikan akan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 yang berlangsung di Art Center Denpasar pada 10 Juni 2011.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Ketut Suastika saat dijumpai di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Jumat (3/6).
"Kami dari Panitia PKB sudah mendapatkan konfirmasi dari protokoler Istana tentang kesediaan Presiden SBY untuk membuka PKB
ke-33 yang akan berlangsung di Art Center Denpasar," ujar Suastika.
Kepastian tersebut mengubah kebiasaan PKB yang selama ini dibuka sejak sore hari yang disusul dengan pawai seni budaya dari berbagai kabupaten, peserta luar Bali serta peserta asing. Pada PKB kali ini, pembukaan dilakukan di ruangan yakni dalam Gedung Art Center Denpasar.
Namun demikian, perubahan tersebut sama sekali tidak mempengaruhi kesemarakan atau kemeriahan PKB. Pawai dan pentas seni luar
ruangan tetap dilaksanakan pada keesokan harinya yakni Sabtu (11/6) yang dipimping langsung oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika bertempat di depan Gedung Jaya Sabha atau sebelah utara lapangan Puputan Badung.
Dalam pawai budaya tersebut akan dipentaskan berbagai atraksi seni budaya dari seluruh kabupaten dan kota di Bali, 24 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia serta 7 peserta dari Negara asing yakni Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, India, Singapura dan Jepang.
Tarian pembukaan adalah tarian kolosal dari mahasiswa-mahaiswi Institut Seni Indonesia Denpasar. Peserta pawai akan mengambil start dari Lapangan Puputan Badung bergerak ke timur menuju Art Center Denpasar.
Menurut Suastika, kehadiran Presiden pada malam harinya karena panitia mempertimbangkan padatnya jadwal acara baik berskala internasional, nasional maupun regional Bali. Semua acara tersebut akan dibuka oleh Presiden SBY secara serentak bersamaan dengan pembukaan PKB ke-33 Provinsi Bali.
Beberapa acara yang dimaksud adalah Bali World Culture Forum yang dihadiri oleh sekitar 50 peserta dari berbagai negara, Utsawa Dharmagita atau lomba baca kitab suci Hindu tingkat nasional, serta Konferensi World Tourism Etic Asia Pasific.
"Itulah petimbangannya mengapa Presiden SBY langsung membuka PKB ke-33 pada malam harinya karena bersamaan dengan beberapa kegiatan berskala internasional dan nasional tersebut," ujar Suastika.

Sumber: mediaindonesia.com

Comments are closed.