Promosikan Seni Budaya Bali, ISI Terbangkan Dalang Kodi Ke India

Promosikan Seni Budaya Bali, ISI Terbangkan Dalang Kodi Ke India

Hari ini, Selasa (8/2), I Ketut Kodi,S.SP.,M.Si., dalang ternama yang telah berkiprah dengan wayang selama lebih dari 33 tahun ini, terbang ke India bersama Sekjur Jurusan Pedalangan, I Nyoman Sukerta,SSP.,M.Si., serta dua mahasiswa Jurusan Pedalangan, I Bagus Brata Natyam dan I Made Sukarsa yang akan turut serta menjajakan kepiawaiannya di India.

Rektor ISI, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. didampingi Kejur Pedalangan serta Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, mengungkapkan rasa bangganya karna pihak CCI (The Craft Council of India) telah memberi kepercayaan kepada ISI Denpasar untuk turut serta dalam acara “Bali Puppets Meet India Puppets”, di Lalit Kala Academy, Chennai, India dari tanggal 9-18 Februari 2011 mendatang. “Kesempatan emas ini adalah ajang promosi seni budaya Bali ke tingkat internasional, dan juga  diharapkan muncul gagasan untuk pertukaran dosen dan mahasiswa ISI Denpasar ke India setelah kegiatan ini,” harap Prof Rai.

Kodi, dosen Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertujukan ISI Denpasar dipilih bersama Sukerta dan dua mahasiswa untuk menghadiri undangan tersebut, tentu karena kepiawaian dan kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi. Para dalang ISI Denpasar ini akan bertemu dalam workshop dan pementasan dengan seniman asal Kerala, Andhra Pradesh, Karnataka, Thailand. Dalam acara yang akan berlangsung selama 10 hari tersebut, mereka akan mempertunjukkan tehnik dan cara pembuatan wayang. Selain itu akan diadakan pementasan wayang untuk menghibur masyarakat India.

“Kami sangat bangga diberi kesempatan untuk menghadiri acara tingkat internasional ini yang diselenggarakan di India, karena wayang yang merupakan bagian dari agama hindu, tidak bisa terlepas dari budaya India, seperti kisah Mahabharata dan Ramayana,”ujar Kodi. Hal senada juga diungkapkan Sukerta, bahwa dengan keikutsertaan ISI Denpasar dalam acara tersebut, ISI Denpasar dapat mempromosikan seni budaya Bali secara ideology ke dunia internasional, lebih-lebih seni budaya Bali sudah sangat tersohor dan dicintai oleh masyarakat dunia.

Humas ISI Denpasar Melaporkan

Comments are closed.