Proses Pembuatan Prasi II

Proses Pembuatan Prasi II

Oleh Drs. I Nyoman Wiwana, dosen PS Seni Rupa Murni

Peralatan

Segala sesuatu yang ingin dibuat, diadakan sudah tentu memerluka peralatan untuk mewujudkannya. Demikian halnya dengan pembuatan seni lukis prasi menggunakan alat yang kalau dicermati masih sngat tradisional. Peralatan melukis prasi, khususnya sesuai dengan hasil pengamatan dilapangan tidak mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Demikian pula bila dibandingkan dari beberapa tempat yang membuat lukisan prasi, hanya penamaan yang mungkin berbeda, tapi bentuk dan fungsinya sama.

Alat untuk melubangi lontar disebut inra di Tenganan Pegringsingan, dan Jempurit di Sidemen dan sekitarnya. Indra atau jempurit terbuat dari kawat baja berdiameter 4 mm. Kawat dipotong tajam berbentuk huruf v. Kemudian ujung yang berbentuk huruf v ditempelkan pada lontar yang akan dilubang, dengan memutar seperti jangka, sampai lubang terbentuk dengan sempurna. Lubang digunakan khusus untuk lontar yang memakai tali. Sedangkan lontar yang tidak memakai tali tidak perlu diberi lubang. Jumlah lubang disesuaikan, untuk lontar ukuran panjang diberi tiga lubang, yaitu pada ujung kiri dan kanan serta di tengah. Sedang lontar yang ukuran kecil cukup diberi dua lubang pada ujung-ujungnya.

Alat pres, seperti tampak pada foto di bawah, yang terbuat dari balok-balok kayu disebut Blagbag. Fungsinya disamping untuk mengencangkan lembaran-lembaran lontar, juga sebagai alat menyimpan lontar yang belum ditulisi. Ukuran alat disesuaikan dengan ukuran daun lontar.

Dengan alat yang sederhana ini permukaan daun lontar akan selalu terjaga. Pada foto kelihatan lontar yang disimpan pada alat tersebut. Terlihat sangat sederhana (tradisional), tetapi sangat epektif, bisa digunakan berulang kali, menyimpan dalam jumlah banyak mupun sedikit.

Selanjutnya, peralatan menulis menggunakan pisau khusus yang disebut Mutik atau Pangrupak. Mutik atau Pangrupak digunakan untuk menggabar dengan membuat torehan di atas daun lontar. Alat tersebut juga merupakan penentu dari mutu karya yang dihasilkan. Jika diperhatikan alat tersebut juga memiki ragam bentuk dan ukuran sesuai kegunaan.

Proses Pembuatan Prasi II selengkapnya

Comments are closed.