PS. Fotografi dan PS Tv dan Film ISI Denpasar Gelar Pameran dan Penayangan Seni Media Rekam

PS. Fotografi dan PS Tv dan Film ISI Denpasar Gelar Pameran dan Penayangan Seni Media Rekam

IMG_9819Dalam upaya untuk menyiapkan diri menyongsong Asian Community 2015, diperlukan upaya dan strategi kreatif untuk  mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif. Untuk itu Program Studi Fotografi serta Tv dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain  (FSRD) ISI Denpasar menggelar acara Pameran dan Penayangan Seni Media Rekam dengan tema “Menuju Jalan Media Kreatif yang ke-6, Penguatan Jati Diri Bangsa Melalui Seni” serta Pameran Ujian Akhir Semester 2013/ 2014 Prodi Fotografi ISI Denpasar dengan tema “Meretas Ide Menuai Kreatifitas, pada 18 Juli 2014 bertempat di Gedung Pameran Kriya Hasta ISI Denpasar.

Acara Pameran dan Penayangan Seni Media Rekam merupakan hasil kerjasama FSRD ISI Denpasar dengan Fakultas Seni Media Rekam (FSRM) ISI Yogyakarta. Menurut laporan kuratorial pameran dan penayangan seni media rekam, Edial Rusli, M.Sn jumlah karya yang dipamerkan yaitu masing-masing 60 karya fotografi dari ISI Denpasar dan ISI Jogja. Selain itu juga terdapat penayangan (screening) 20 karya film, 10 karya animasi serta 3 karya animasi game. Pemutaran film dan pameran animasi diselenggarakan di Gedung Citta Kelangen Lantai 2 ISI Denpasar. Dari karya tersebut terdapat beberapa karya dari Australia dan Malaysia.

Dekan FSRD ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu, M.Si dalam sambutannya tidak dapat mengungkapkan rasa bahagia dan bangga karena panitia telah menyelenggarakan acara ini dengan baik dan telah dipersiapkan sebulan lalu.

IMG_9830

Sementara Dekan FSRM ISI Jogjakarta Drs. Alexandri Luthfi R., M.S berterimakasih kepada Rektor ISI Denpasar beserta jajarannya yang telah menerima rombongan dari ISI Jogjakarta dengan baik dan memberikan tempat untuk menggelar pameran ini. Disampaikan pula bahwa kegiatan ini juga diisi dengan Temu Nasional Asosiasi Dosen Seni Media Rekam Indonesia (ADSMRI) yang ke-5 dengan tema “Keberlanjutan Seni Media Rekam Indonesia dalam Industri Kreatif”. Peserta berasal dari Perguruan Tinggi Seni yang ada di Indonesia yang tergabung dalam BKS-PTSI. Ajang ini sebagai wadah untuk mencari titik temu upaya dan strategi yang harus dilakukan seni media rekam dalam industri kreatif.

 

Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum yang membuka acara menyambut positif kerjasama ini karena kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari acara Dies Natalis ISI Denpasar ke XI, yang diisi dengan berbagai acara, salahsatunya tanggal 24 Juli terdapat garapan terbaru dari FSRD dan FSP, yangmana FSRD ISI Denpasar menampilkan karya instalasi dari seluruh prodi yang ada

IMG_9840

dengan judul Jejak Tradisi. Sementara FSP ISI Denpasar menampilkan 8 garapan terbaru. Kolaborasi pameran ini mampu mendorong prodi Tv dan Film yang baru berdiri 1 tahun dapat meningkatkan kwalitas, dan termotivasi dari ajang-ajang internasional ini. “Kerjasama juga dapat dilakukan dengan saling tukar tenaga edukatif” uajr Dr. Arya.

Setelah meninjau pameran acara dilanjutkan dengan workshop film documenter dengan tema “menuju Jalan Kreatif” menghadirkan pembicara yaitu praktisi film dan sekaligus penggagas Denpasar Film Festival (DFF) Agung Bawantara, serta Prektisi Film documenter Denny Krisna. Acara workshop diikuti oleh 56 peserta dari SMA, SMK se-Bali yaitu SMAN 2 Denpasar, SMKN 1 Denpasar, SMKN 1 Sukawati, SMA 3 Denpasar, SMAN 1 Denpasar, SMKN 1 Mas Ubud, SMAN 4 Denpasar serta SMK TI Global. Acara berlangsung di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film selama dua hari bertempat di gedung Citta Kelangen ISI Denpasar.

Comments are closed.