PT Harus Perhatikan Perkembangan di Daerah

PT Harus Perhatikan Perkembangan di Daerah

BANDUNG, (PR).- Dinamika serta perkembangan sosial dan ekonomi di daerah harus terus dipantau oleh perguruan tinggi (PT), khususnya bagi lembaga pendidikan kewirausahaan. Selain peningkatan kurikulum dan pengembangan kompetensi mahasiswa, informasi mengenai kondisi terkini dari daerah harus terus diperhatikan agar dapat berfungsi sebagai rujukan.

"Evaluasi potensi di daerah harus selalu didapatkan oleh perguruan tinggi secara berkala," tutur Rektor Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), Rully Indrawan, pada acara Penyerahan Putra Putri Peserta Program Matrikulasi Beasiswa Lembaga Pengembangan Amungme dan Kamoro (LPMAK-Papua) serta PT Freeport kepada Ikopin, di Graha Bustanil Arifin Ikopin, Jatinangor, Rabu (25/8).

Adanya evaluasi tersebut, kata Rully, akan menambah komponen komparasi agar dapat dianalisis sesuai dengan perkembangan atau permasalahan di lapangan. Selanjutnya, penekanan ilmu pun akan diadaptasikan kepada mahasiswa. "Maka dari itu, perlu ditingkatkan lagi tambahan materi di dalam praktikum mahasiswa," ujarnya.

Kreasi usaha, Rully menambahkan, terus berkembang seiring dengan banyaknya peningkatan kebutuhan masyarakat. Persaingan antarwirausaha pun akan mengalami stagnasi jika mental kreasi itu tidak dikembangkan.

Sementara itu, menurut Staf Biro Pendidikan LPMAK-Papua, Vonny Maturbongs, intensitas kerja sama antara lembaganya dan Ikopin terus dilakukan. Kerja sama yang sudah dilakukan sejak 2005 itu mampu memberikan lulusan terbaik berkat komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.

"Kami pun melaporkan kepada Ikopin tentang apa-apa saja perkembangan lulusan Ikopin ketika kembali ke Papua. Kami menilai, teknik Ikopin dalam mengembangkan potensi lulusan sangat efektif," ucapnya. (A-196)***

Sumber: http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=154059

Comments are closed.