PT Penting Kelola Jurnal Ilmiah Online

PT Penting Kelola Jurnal Ilmiah Online

SEMARANG - Untuk meningkatkan peringkat serta dikenal di seluruh dunia, setiap perguruan tinggi (PT) perlu mengembangkan jurnal ilmiah online.
Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama (PRPKs) Undip Semarang Muhammad Nur menyebutkan, dengan jurnal ilmiah online, dapat dengan mudah dirujuk dan dibaca masyarakat dunia. “Peningkatan aksebilitas websitejurnal- jurnal ilmiah di lingkungan Undip menjadi penting di era global ini, terutama website yang berbahasa Inggris,”katanya kemarin.
Dia menjelaskan,keberhasilan program tersebut, nantinya dapat diukur dengan menggunakan indikator peningkatan naiknya jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, yang juga merupakan tolak ukur dari pemeringkatan webometric. “Dengan penyediaan artikel ilmiah secara online di masing-masing jurnal ilmiah di Universitas Diponegoro, akan meningkatkan jumlah sitasi (kunjungan,unduhan,rujukan) terhadap hasil-hasil karya Undip,” ujar Muhammad Nur.
Pengelola International Journal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Prof Ambariyantomengatakan,pengalaman dalam mengelola jurnal ilmiah onlineharus konsisten. “Diperlukan sumberdaya manusia yang mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap pengelolaan jurnal dan website dengan baik, kuncinya adalah tetap konsisten.
Sedangkan untuk jurnal-jurnal yang akan dipublikasikan tentunya kualitas artikel akan dinilai oleh akreditasi jurnal nasional,” katanya. Sementara itu,Tim Webmaster Undip Istadi menjelaskan,penggunaan jurnal onlineini sangat penting bagi para pembuat jurnal, sebagai publikasi ilmiah. Seluruh jurnal ilmiah di lingkungan Undip ke depan memiliki sistem manejemen dan pengelolaan secara online,meliputi tim manajer, online submission, online tracking, online reviewer, online editor work, online layout dan copy editing,”kata Istadi. (susilo himawan).

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/359638/

Comments are closed.