Puluhan Mahasiswa ISI Denpasar Akan Dimodali Bikin Usaha Sendiri

Puluhan Mahasiswa ISI Denpasar Akan Dimodali Bikin Usaha Sendiri

 

lim_4171-kcl-copyDenpasar- Sebanyak 135 Mahasiswa ISI Denpasar dari 2 Fakultas, pada tanggal 11 Maret 2009, mengikuti Pembekalan Program Kewirausahaan, bertempat di Ruang Sidang Gedung Lata mahosadi ISI Denpasar. Program Mahasiswa Kewirausaha ini adalah program DIKTI yang mengucurkan dana bantuan usaha kepada mahasiswa di universitas negeri dan politeknik se-Indonesia. Mahasiswa yang diberi pembekalan ini nantinya akan diminta membuat business plan yang nantinya akan disaring menjadi 88 orang. Ke-88 orang ini adalah yang berhak mendapat bantuan dana sekitar 8 juta rupiah per orang atau bisa berkelompok dengan maksimal 5 orang per satu kelompok, dengan bantuan yang didapat perkelompok sebesar 40 juta rupiah. Uang ini merupakan bantuan modal untuk membuat usaha yang disesuaikan dengan bidang ilmunya. Uang ini termasuk di dalamnya modal usaha, persiapan dan dana operasional sampai usaha tersebut bisa berjalan dan mengalami titik impas (Break Event Point). Untuk persyaratannya adalah  mahasiswa yang telah menyelesaikan semester 4 atau telah mengantongi minimal 80 sks dengan catatan belum mengambil mata kuliah TA (Tugas Akhir).

 

PR III ISI Denpasar Drs. I Made Subrata, M. Si yang juga ketua panitia program kewirausaha ini menjelaskan program ini merupakan kebijakan dari DIKTI Departemen Pendidikan Nasional yang intinya untuk memberikan modal kepada para mahasiswa di universitas negeri dan politeknik se-Indonesia. Tujuannya jelas untuk mengurangi pengangguran intelektual yang jumlahnya cukup besar di negeri ini dan diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru, dimana mahasiswa sebagai pengelola bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di kampus dan menerapkannya di lapangan. Untuk di ISI Denpasar usaha yang coba dijalankan dan yang sesuai dengan pendidikan di ISI Denpasar adalah percetakan Sablon bagi FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) dan Tata Rias bagi FSP (Fakultas Seni Pertunjukan). Usaha ini dipilih berdasarkan kecocokan dengan apa yang didapat di kampus dan juga peluang untuk usaha ini pada saat sekarang ini masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Subrata juga menambahkan dalam perjalanannya nanti mahasiswa yang telah lolos seleksi akan dibina dan didampingi oleh dosen yang telah ditunjuk oleh panitia. Mereka juga diwajibkan membuat laporan perkembangan usaha kelompoknya dan mengungkapkan kendala yang dihadapi sehingga bisa dicarikan solusi oleh dosen pendampingnya.

           

Untuk acara pembekalan program mahasiswa wirausaha di lingkungan ISI Denpasar Rabu(11 Maret 2009), mahasiswa dilatih cara menyusun business plan dari Drs. I Gede Ketut Warmika, MM (Dosen Fakultas Ekonomi Unud), Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah di Propinsi Bali Umumnya dan Khususnya di Kota Denpasar yang dibawakan oleh Ir. Ngakan Putu Adnyana, MM (Kepala Bidang UKM, Dinas Koperasi dan UKM Pemerintah Kota Denpasar) dan                     yang terakhir Kiat-Kiat Menjadi Pengusaha Sukses dari I Gede Arjawa, SE. MM yang juga pengusaha. Para mahasiswa mengikuti acara tersebut dengan antusias dan tertib. Semoga dengan adanya program ini dapat memberikan konteribusi yang berarti bagi kemajuan ISI Denpasar, Bali dan Indonesia pada umumnya.

 

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.