RAPAT SENAT PEMILIHAN REKTOR ISI DENPASAR

RAPAT SENAT PEMILIHAN REKTOR ISI DENPASAR

DENPASAR, NusaBali

Pemilihan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar periode tahun 2017-2021 bakal digelar Jumat (4/11) besok, melalui pelaksanaan Rapat Senat ISI Denpasar di Ruang Sidang kampus setempat.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor ISI Denpasar, Drs I Made Subrata MSi mengatakan, pemilihan ini berpedoman pada Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/ Direktur pada Perguruan Tinggi Negeri dan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur.“Pemilihan calon rektor ini telah melalui beberapa kali rapat senat dan proses sosialisasi ke dosen, pegawai, mahasiswa, dan seluruh civitas akademika di ISI Denpasar,” ujarnya, Rabu (2/11).

Disebutkan, ada tiga calon yang diajukan kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). Tiga calon rektor tersebut yakni, incumbent Prof Dr I Gede Arya Sugiartha SSKar MHum, Dr I Komang Sudirga SSn MHUm yang saat ini bertugas di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di ISI Denpasar, dan Dr I Komang Arba Wirawan SSn MSi, mantan wartawan foto sebuah media yang saat ini menjabat Ketua Prodi Fotografi ISI Denpasar.

Adapun proses pemilihan calon rektor ini, jelas Subrata, telah melalui tahap awal yakni Rapat Senat dengan agenda Pembentukan Panitia Pemilihan Rektor ISI Denpasar yang selanjutnya membahas Draf Tata Cara Pemilihan Rektor ISI Denpasar Periode Tahun 2017–2021. Sedangkan tahap sosialisasi kepada Civitas Akademika ISI Denpasar, Dosen dan Pegawai, serta Lembaga Kemahasiswaan di Tingkat Institut dan Fakultas dilakukan mulai 28 September hingga 7 Oktober 2016.

Sementara untuk tahap penjaringan dan penyaringan, panitia telah berupaya untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada para Doktor di ISI Denpasar yang memenuhi syarat dan ketentuan agar mendaftarkan diri. Namun hasilnya sampai batas waktu yang ditentukan hanya mendapatkan satu calon pendaftar saja atas nama Prof Dr I Gede Arya Sugiartha, SSkar MHum.“Berdasarkan ketentuan bahwa dalam hal jumlah bakal calon Rektor ISI Denpasar kurang dari 3 (tiga) orang, maka untuk memenuhi persyaratan penetapan 3 (tiga) calon sebagaimana dimaksud pada pasal 6 ayat 1 dan 4 Permenristekdikti Nomor 1 Tahun 2015, Senat ISI Denpasar kemudian mencarikan calon pendamping,” jelas Subrata.

Lanjut Subrata, berdasarkan hasil musyawarah oleh senat, diajukan pendamping Bakal Calon sebanyak 5 orang, yaitu Dr I Komang Sudirga SSn MHum, Dr I Komang Arba Wirawan SSn MSi, Dr I Ketut Sariada SST MSi, Dr Drs I Ketut Muka Pendet MSi,  dan Dr Drs Anak Agung Bagus Udayana MSi.

“Hasil pengkajian berdasarkan pertimbangan Senat, 2 orang yang memenuhi syarat sebagai calon pendamping, sehingga komposisi Calon Rektor yang diusulkan yaitu incumbent Prof Dr I Gede Arya Sugiartha SSKar MHum, Dr I Komang Sudirga SSn MHUm dan Dr I Komang Arba Wirawan SSn MSi,” imbuhnya.

Dikatakan, dalam pemilihan rektor nanti akan ditentukan berdasarkan suara dari 23 senat dan menteri, dimana menteri menentukan sebanyak 35 persen, sedangkan suara dari senat sebanyak 65 persen. Satu senat memiliki satu suara. “Kami berharap pemilihan nanti bisa berjalan lancar dan terpilih secara demokratis. Setelah pemilihan, nanti untuk pelantikannya akan dilakukan 22 Maret tahun depan (2017), bertepatan dengan habisnya masa jabatan rektor yang sekarang,”demikian Subrata.

SK PERSYARATAN PEMILIHAN REKTOR

SK PANITIA PEMILIHAN REKTOR

No Comments Yet.

Leave a comment