Rapat Senat terbuka Penerimaan secara resmi Mahasiswa Baru ISI Denpasar tahun akademik 2012/2013

Rapat Senat terbuka Penerimaan secara resmi Mahasiswa Baru ISI Denpasar tahun akademik 2012/2013

Kiriman Nyoman Dewi Pebriyani, Dosen PS Desain Interior

Usai mengikuti serangkaian kegiatan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar selama kurang lebih seminggu, akhirnya pada hari ini, senin (17/9) digelar upacara secara resmi penerimaan mahasiswa Baru tahun ajaran 2012/2013 yang didahului dengan rapat senat terbuka. Acara yang bertempat di gedung Candra Metu dihadiri oleh 432 mahasiswa baru serta 39 mahasiswa dharmasiswa yang berasal dari dua puluh empat Negara di dunia, dan orang tua mahasiswa pun turut diundang untuk mengenal lebih dalam tentang kampus ISI Denpasar.

Adapun susunan acara pada hari ini terdiri dari Laporan Pembantu Rektor III, pengucapan janji mahasiswa, penandatanganan surat pernyataan secara simbolis, penandatanganan surat pernyataan bidikmisi tahun 2012 secara simbolis, pengesahan mahasiswa secara resmi ditandai dengan pemakaian jas almamater, dan ditutup dengan penyerahan mahasiswa oleh Rektor ISI Denpasar ke masing-masing fakultas.

Dalam kesempatan ini Rektor ISI Denpasar mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru serta menjelaskan secara singkat mengenai perkembangan ISI Denpasar sejauh ini, serta kerjasama yang telah terjalin luas dengan beberapa universitas baik di dalam maupun di luar negeri, sehingga kedepannya mahasiswa bisa mengikuti program-program pertukaran pelajar antar kampus dalam dan luar negeri. Tak lupa pula dalam sambutannya beliau mengungkapkan kepada para orangtua yang turut menghadiri acara ini untuk ikut berpartisipasi mengenai pendidikan putra/putri mereka agar tamat tepat pada waktunya.

Mahasiswa asing yang turut serta dalam kegiatan ini cukup antusias walaupun sebagian besar dari mereka tidak terlalu memahami bahasa Indonesia, dengan dibantu oleh beberapa staf kerjasama luarnegeri, mereka diberi pengarahan mengenai saat kapan harus berdiri dan mengikuti pengucapan sumpah.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini berlangsung dengan hikmat dan tanpa halangan yang berarti, dimana panitia, dosen, serta pegawai di lingkungan ISI Denpsar bekerjasama bahu-membahu untuk mensukseskan acara ini dalam rangka penerimaan warga baru dilingkungan ISI Denpasar. Keunikan dalam acara penerimaan kali ini adalah turut serta mengundang orang tua mahasiswa, sehingga orang tua tidak saja dilibatkan dalam kegiatan wisuda tetapi juga terlibat dalam proses awal penerimaan mahasiswa.

Comments are closed.