Rektor dan 16 Pejabat Struktural Suratthani Rajabhat University Thailand

Rektor dan 16 Pejabat Struktural Suratthani Rajabhat University Thailand

 

lim_4136-kcl-copyDenpasar- President Suratthani Rajabhat University beserta 15 pejabat struktural (para vice president dan dekan) di lingkungan Suratthani Rajabhat University berkunjung ke ISI Denpasar guna mengadakan penjajakan terkait rencana penandatanganan MoU dengan ISI Denpasar. Para rombongan disambut langsung oleh Pj. Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A., beserta jajarannya. Dalam kunjungannya selama tiga hari di Bali rombongan Suratthani Rajabhat University berkesempatan untuk pertama kalinya mengunjungi ISI Denpasar. Dalam kunjungannya rombongan disuguhi tari penyambutan Selat Segara dan Satya Brasta, dan melakukan inpeksi ke gedung pameran seni rupa serta melihat demonstrasi para mahasiswa ISI Denpasar dalam melukis baik modern maupun tradisi. Uniknya beberapa orang pejabat struktural Surrathani Rajabhat University sempat disket wajah oleh mahasiswa jurusan lukis ISI Denpasar. Mereka sangat gembira dan senang sekali wajahnya disket oleh mahasiswa jurusan lukis bahkan mereka membawanya pulang ke Thailand.

 

Dipilihnya ISI Denpasar sebagai tempat kunjungan karena atas rekomendasi dari Konsulat RI di Thailand serta Universitas yang pernah menjalin kerjasama dengan ISI Denpasar yaitu Songlah Rajabat University. President Suratthani Rajabhat University, Asst. Prof. Dr. Narong Buddhichiwin mengungkapkan impression yang baik terhadap ISI Denpasar, karena walaupun kampus ISI Denpasar dinilai kecil jika dibandingkan dengan kampus mereka dengan 10.000 mahasiswa, ISI Denpasar mampu menciptakan atmosfir yang ramah dengan beragam kegiatan. Misi kunjungannya adalah untuk menjalin kerjasama dengan ISI Denpasar ke depannya direncanakan program pertukaran dosen dan mahasiswa, kerjasama penilitian, metode pendidikan dan saling mengisi jurnal masing-masing dengan artikel ilmiah sesuai dengan tuntutan direktorat pendiikan tinggi negara masing-masing. Narong juga menambahkan kedatangannya ke ISI Denpasar adalah untuk belajar atau menimba ilmu tentang mengembangkan jaringan atau networking dengan universitas di seluruh dunia. ISI Denpasar menurutnya telah berhasil mengembangkan jaringan networking dengan universitas lainnya di dunia, terbukti ISI Denpasar telah mempunyai MoU dengan universitas-universitas tersebut. Nah atas dasar pertimbangan tersebut Suratthani Rajabhat University kedepannya akan menjajaki kerjasama tersebut dengan ISI Denpasar sebagai salah satu lngkah awalnya. Tambahnya sebelumnya ISI Denpasar telah menandatangani MoU dengan universitas tetangganya yang memang terkenal dengan Seninya yaitu Songkhla Rajabhat University, bahkan pada saat ISI Denpasar mengadakan Festival Kesenian Indonesia V tahun 2008 yang lalu, Songkhla juga turut berpartisipasi dalam seminar.

 

Pejabat Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA menyambut gembira atas kedatangan para pejabat Suratthani Rajabhat University Thailand ini. Menurutnya Universitas ini dulunya merupakan institusi ilmu pendidikan (semacam IKIP) yang sekarang berkembang menjadi salah satu Universitas terkemuka di Thailand. Prof. Rai juga tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya karena ternyata yang hadir pada saat ini adalah Dekan-Dekan fakultas di universitas tersebut. Salah satu celah kerjasama yaitu di Suratthani terdapat jurusan Tourism yang memunkinkan diadakan untuk kerjasama. Bentuk kerjasamanya yaitu pertukaran dosen, pegawai, mahasiswa, rencana double degree, kerjasama penelitian, tukar menukar informasi ilmiah dengan jalan mengisi jurnal internasional masing-masing universitas. Khusus untuk jurnal ilmiah para dosen di Suratthani dapat mengsi jurnal internasional “Mudra” yang diterbitkan ISI Denpasar begitu juga sebaliknya. Ini juga salah satu usaha untuk mengembangkan jaringan atau networking yang tujuan akhirnya untuk mewujudkan visi ISI Denpasar untuk go international.

 

Para rombongan Suratthani sangat antusias atas kunjungannya di ISI Denpasar dan pulau Bali pada umumnya. Prof. Rai juga menanti surat invitation dari Suratthani untuk mengadakan kunjungan balasan dan secepatnya ditandatangani MoU kerjasama. Semoga hal ini menjadi pemacu ISI Denpasar untuk terus berkarya dan mengembangkan kemampuannya untuk menjaga Seni dan Budaya Bali yang sangat kita cintai ini.

 

Humas ISI Denpasar melaporkan

 

 

 

Comments are closed.