Sambutan Ketua Jurusan Seni Karawitan Dalam Acara Workshop

Sambutan Ketua Jurusan Seni Karawitan Dalam Acara Workshop

Puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa, karena berkat asung kertha wara nugrahanya kita dapat berkumpul di gedung Natya Mandala ISI Denpasar siang ini, dalam keadaan sehat walafiat, guna bersama-sama mengikuti acara pembukaan enam (6) kegiatan Assistensi Teknis Jurusan Seni Karawitan program hibah  I-MHERE  Sub-Component B.1. Batch III ISI Denpasar Tahun Anggaran 2010.

Selaku Koordinator kegiatan, sekaligus mewakili PIC, ijinkan pada kesempatan ini kami melaporkan beberapa kegiatan Technical Assistance atau Assistensi Teknis melalui program I-MHERE yang telah berhasil dilakukan dan yang akan dilaksanakan oleh Jurusan Seni Karawitan, sebagai berikut :

Pada tahun 2009 dengan program ”Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Pembuatan dan Pelarasan Gamelan” dalam kegiatan Assistensi Teknis, Mahasiswa Jurusan Seni Karawitan Semester V (pada saat itu), sudah berhasil melaras satu barung gamelan Smarandhana yang ada di Pusdok (dengan Instruktur : I Wayan Widia, S,Sn.), sehingga dapar dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran dalam mata kuliah Praktek Karawitan dengan baik.

Dalam program ”Rekonstruksi Repertoire, Konsep dan Nilai-nilai Karawitan Bali” telah berhasil merkonstruksi dua (2) repertoire gamelan Bali, yaitu : repertoire gamelan Selonding (Instruktur : Bapak Partha Gunawan) dan gamelan Bebarongan (Instruktur : Bapak I Wayan Jebeg). Materi yang berhasil direkonstruksi telah dimanfaatkan untuk meramu dan menambah materi mata kuliah ”Karawitan Teater II”.

Nampaknya hanya dengan merekonstruksi dua repertoire pada tahun 2009 itu, dirasakan masih sangat kurang, mengingat sampai sekarang hampir terdapat 36 jenis gamelan yang tersebar diberbagai pelosok daerah hingga menyebar keluar daerah Bali. Masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi yang spesifik dalam berbagai aktivitas sosial, budaya dan agama, serta memiliki ciri yang khas dengan style tersendiri.

Sambutan Jurusan Seni Karawitan dalam acara workshop selengkapnya

Comments are closed.