Seberangi Lautan “Ngayah” Di Nusa Penida

Seberangi Lautan “Ngayah” Di Nusa Penida

Rombongan dosen dan mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan (FSP)  serta mahasiswa asing ISI Denpasar  yang dikomandoi langsung oleh Dekan FSP, I Ketut Garwa,S.Sn.,M.Sn.”ngaturang ayah” di Pura Dalem Setra Banjar Mentigi,Batu Nunggul Nusa Penida, 16-17 Februari yang lalu. Rombongan seni ini  mempersembahkan tari Baris Gede, Satya Brasta, Selat Segara, Margapati, Tari Wali, Wiranjaya, Jauk Manis, dan Bondres, di wantilan Pura Dalem.

”Kami atas nama pimpinan, sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh mahasiswa dan dosen ISI Denpasar, yang selalu semangat dalam kegiatan”ngayah”. Terima kasih yang sangat dalam juga kami haturkan kepada masyarakat Nusa Penida  yang telah memberi kesempatan kepada ISI Denpasar untuk ”ngayah”, serta sambutan yang begitu baik dari masyarakat,”ujar Garwa, didampingi PD I FSP, I Dewa Ketut Wicaksana, serta Sekjur Tari Rinto Widiarto.

Kegiatan “ngayah” yang merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi ini selalu mengundang decak kagum masyarakat. Menurut Ida Ayu Wimba Ruspawati dan Ni Ketut Yuliasih yang manangani ajang gelar, kegiatan “ngayah” yang rutin dilaksanakan, merupakan bukti nyata ISI Denpasar adalah milik masyarakat, bukan sebagai menara gading. Kelian Banjar,  Wayan Supartawan serta Jero Bendesa, I Dewa Gede Rai Sudiarta, mengucapkan terima kasih dan selamat atas penampilan ISI Denpasar di Pura Dalem Batu Nunggul, dan masyarakat sangat terhibur, ujarnya.

Hari ini, ISI Denpasar juga akan “ngayah” di Pura Desa Sukawati. Selain melibatkan Fakultas Seni Pertunjukan yang akan mempersembahkan tari-tariannya, ISI Denpasar juga membawa serta Penabuh Asti Pertiwi serta Asti Kumara. “Dengan anugrah Tuhan berupa talenta seni, maka dengan seni pula kita memberi persembahan kepadaNya, untuk memohon keselamatan bagi kita semua, agar dapat melaksanakan darma bakti kita”ujar Prof Rai saat hadir di acara latihan Asti Pertiwi sore kemarin.

Rombongan ISI Denpasar juga melaksanakan kegiatan persembahyangan ke Pura Giri Putri dan Pura Dalem Ped, guna memohon keselamatan dan kelancaran khususnya bagi mahasiswa FSP semester VIII yang akan mengikuti ujian TA.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.