Segera Dibuat Data Prodi di Seluruh PT

Segera Dibuat Data Prodi di Seluruh PT

Bisa Diketahui Prodi Favorit dan Prodi yang Sepi Peminat

JAKARTA --Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Djoko Santoso mengatakan, hingga sat ini pihaknya tidak memiliki data-data penyebaran mahasiswa di seluruh Indonesia termasuk data program studi (prodi). Menurutnya, hal ini disebabkan karena panita pelaksana seleksi nasional tidak tetap dan tidak memiliki sekretariat.
"Salah satu penyebabnya adalah panitia seleksi sejak dulu hingga saat ini tidak tetap. Oleh karena itu, kami (Kemdiknas) akan mulai menyusun panitia pelaksana seleksi tetap. Sehingga, nantinya diharapkan ada data yang akurat mengenai mahasiswa dan juga akan mempermudah dalam proses evaluasinya," ungkap Djoko kepada wartawan di Jakarta, Minggu (5/12).
Mantan Rektor ITB ini menjelaskan,  ke depannya data yang diperoleh setiap tahunnya akan dimasukan dalam Pengakalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) dan bisa diakses seluruh masyarakat. Dengan begitu, lanjut Djoko, akan dapat  terlihat Prodi terbanyak peminatnya dan Prodi yang terancam ditutup karena sepi pendaftar. “Prodi yang terancam ditutup itu ada. Tapi datanya tunggu tahun depan. Setelah seleksi nasional pasti kelihatan penyebaran dimana saja dan Prodi apa saja,” ujarnya.
Selain itu, terang Djoko, Pendidikan Dasar Perguruan Tinggi (PDPT) akan menyediakan data-data yang baik bagiyang memerlukan. Data-data itu berisi tentang seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta. Program tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan yang cepat dan akurat bagi masyarakat, khususnya kalangan pendidikan tinggi. Data tersebut terkait dengan segala hal mengenai infrakstruktur dan orang di pendidkan tinggi. "Sehingga melalui PDPT, masyarakat yang membutuhkan bisa dengan cepat mengaksesnya," paparnya.
Lebih jauh Djoko menambahkan, hingga kini hanya sekitar 200 perguruan tinggi yang websitenya tergolong bagus dari seluruh perguruan tinggi yang mencapai ribuan di seluruh Indonesia. Kenyataannya banyak perguruan tinggi swasta yang belum menyadari pentingnya ketersediaan data di website. “PDPT ini secara resmi di luncurkan pada Januari 2011 dan bisa diakses di www.dikti.go.id. Persiapan Pangkalan Data sudah dilakukan dalam satu tahun,” bebernya. (cha/jpnn).

Sumber: http://www.jpnn.com/read/2010/12/05/78842/Segera-Dibuat-Data-Prodi-di-Seluruh-PT-

Comments are closed.