Sejarah Gamelan Gong Kebyar Di Banjar Batannyuh Belayu

Sejarah Gamelan Gong Kebyar Di Banjar Batannyuh Belayu

Kiriman Sudiatmika, mahasiswa PS Seni Karawitan ISI Denpasar

Sebelum penulis menguraikan mengenai sejarah Gamelan Gong Kebyar yang ada di Br.Batannyuh Belayu, penulis akan sedikit mengulas kemunculan Gamelan Gong Kebyar. Gamelan – gamelan Bali khususnya tentang Gong Kebyar sudah banyak ada yang melakukan untuk diteliti, baik oleh para penulis dalam negeri ataupun penulis asing. Namu masalah asal mula Gamelan Gong Kebyar belum dapat terungkap secara jelas dan lengkap. Untuk mengungkap dan menguraikan asal mula Gamelan ini memang merupakan tugas yang tidak begitu mudah. Penulis menyadari begitu sulitnya menelusuri asal mula daripada gamelan ini, yang mana disebabkan sangat sedikitnya terdapat data – data mengenai asal mula gamelan ini, terutama data – data tertulis yang dapat dijadikan pegangan menelusuri asal mula gamelan ini lebih lanjut. Data – data yang berhasil dikumpulkan hanyalah besifat informasi.

Gamelan Gong Kebyar yan apabila dilihat berdasarkan skema semua dari pada semua jenis gamelan Bali yang ada di Bali dimana di dalam skema itu terdapat gamelan golongan tua, golongan madya dan golongan baru/muda. Nampak secara jelas bahwa Gamelan Gong Kebyar adalah tergolong gamelan Bali yang sangat muda usianya, temasuk kelompok gamelan Bali baru. Disini sedikit lebih tua dari gamelan jejangeran jejogedan dan lain sebagainya yang sama – sama tergolong kolompok gamelan Bali Baru.

Sejarah Gamelan Gong Kebyar di Br. Batannyuh

Pada awal adanya atau terbelinya Gamelan Gong Kebyar di Br. Batannyuh yaitu pada tahun 1996. Sumber - sumber yang didapatkan oleh penuli yaitu dari I Wayan Windia, beliu juga adalah seorang seniman karawitan Bali, sekarang umur beliau sudah hamper menginjak kepala 7.

Beliau menceritakan bahwa alasan dibelinya gamelan ini yaitu tidak lain karena sangat pentingnya peranan gamelan di Bali dan khususnya di Br. Batannyuh sebagai sarana Upacara Yadnya dan sarana hiburan bagi masyarakat sekitar.Dan beliau juga mengatakan gamelan yang ad di Br. Batannyuh ini sudah banyak masa – masa perkembangan dan perbaikan. Pada tahun 1996 gamelan tidak berisi ugal dan penyahcah yang sering disebut dengan istilah gong mini, namu seiring berjalannya waktu satu persatu instrument gamelan ini ditambahkan atau dilengkapi sehingga sampai saat ini terdapatlah barungan Gamelan Gong Kebyar yang lengkap di Br. Batannyuh saai ini. Gamelan ini biasanya dimainkan hanya pada hari – hari tertentu saja, misalnya pada saat Upacara Yadnya, untuk pementasan dan latihan – latihan bagi generasi penerus.

Berdasarkan uraian – uraian di atas beserta argumentasi sebagaimana dikemukakan di atas kiranya telah dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa keberadaan atau di belinya barungan gamelan Gong Kebyar di banjar batannyuh yaitu sekitar tahun 1996 dan bentuk – bentuk tabuh kekebyaran sudah diciptakan pada tahun tersebut yang juga di pelopori oleh I Wayan Windia.

Sejarah Gamelan Gong Kebyar Di Banjar Batannyuh Belayu selengkapnya

Comments are closed.