Semiloka Jurnal Mudra

Semiloka Jurnal Mudra

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengadakan Seminar dan Lokakarya Penulisan Artikel dan Jurnal Internasional, bertempat di gedung Latta Mahosadi ISI Denpasar pada hari jumat (9/12). Peserta yang hadir dalam acara ini sangat beragam dan terdiri dari perwakilan beberapa kampus yang berada di Bali maupun di Luar Bali, ini merupakan salah satu indikasi yang menunjukkan bahwa jurnal Mudra terbitan ISI Denpasar telah diakui secara luas oleh kalangan pendidikan maupun umum

Seminar yang dibuka oleh Rektor ISI Denpasar akan berlangsung selama sehari dimulai dari pukul 9 pagi hingga sore hari. Seminar ini terbagi dalam 4 sesi, sesi pertama hingga ketiga dibawakan oleh Prof. H. Ali Saukah, MA., Phd yang memaparkan mengenai penulisan artikel ilmiah untuk jurnal terakreditasi dan jurnal Internasional. Kemudian disusul sesi terakhir oleh Rektor ISI Denpasar yang memaparkan mengenai arah kebijakan penerbitan Institut Seni Indonesia ke depan, yang nantinya sekaligus menutup acara seminar dan lokakarya ini.

Saat ini jurnal mudra merupakan jurnal seni budaya satu-satunya di Indonesia yang telah memperoleh pengakuan akreditasi oleh Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). “Keberadaan Jurnal Mudra ini tidak terlepas dari ketersediaan naskah yang berkualitas, namun saat ini naskah menjadi barang yang langka” ungkap ketua panita I Wayan Setem, S.Sn., M.Sn dan diharapkan melalui semiloka ini mampu meningkatkan hasil penulisan yang sesuai dengan kaidah penulisan.

Prof Rai mengungkapkan bahwa sebuah kampus jika ingin dikenal oleh khalayak ramai hendaklah mampu menerbitkan jurnal yang akan tersebar di seluruh penjuru dunia, “keberadaan penerbitan ISI Denpasar tidak boleh disepelekan karena merupakan brain smart bagi ISI Denpasar” ungkap Prof Rai. Beliau juga berharap agar predikat yang telah didapatkan oleh Jurnal Mudra tidak membuat terlena dan merasa puas, bahkan perlu lebih maksimal berjuang untuk berbenah.

Tamu undangan yang turut hadir dalam kesempatan ini sangat antusias menyimak materi yang disajikan oleh narasumber, materi yang sangat berharga ini akan membantu peserta dalam penulisan serta penerbitan jurnal selanjutnya, “sebagai salah satu prasyarat dalam peningkatan angka kredit adalah dengan menulis dalam jurnal terakreditasi” ungkap salah satu peserta.

Comments are closed.