Seminar Pasca Sarjana

Seminar Pasca Sarjana

Kiriman Ni Nyoman Dewi Pebriyani, Staf Dosen Desain Interior.

Bertepatan dengan dilaksanakannya Pembukaan Pameran Tugas Akhir mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Mahasiswa Pasca Sarjana ISI Denpasar mengadakan acara Seminar yang bertempat di Gedung Natya Mandala. Seminar ini dihadiri oleh Ketua Prodi Pascasarjana, Drs. I Ketut Murdana, M.Sn dan menghadirkan Rektor ISI Denpasar Prof. I Wayan Rai S, M.A sebagai keynote speaker yang sekaligus membuka acara seminar.

Seminar kali ini mengangkat tema “Eksplorasi Penciptaan dan Pengkajian Seni, Program Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Denpasar”, didasari oleh pemikiran mengenai ragam bidang seni yang bermunculan, telah membawa sebuah kemajuan dalam eksplorasi keindahan, sehingga eksplorasi seni yang tidak terbatas dan selalu memunculkan ide-ide baru serta kajian-kajian dalam sebuah pencarian keindahan. Dalam acara Seminar ini turut mengundang pembicara dari ISI Denpasar, yakni Dr. Tjokorda Udiana Nindhia Pemayun, S.Sn., SH.,M.Hum; Dr.Drs. I Gusti Ngurah Ardana, M.Erg,; dan Drs. I Gede Mugi Raharja, M.Sn. Sistem yang digunakan adalah diskusi panel, dimana seluruh pembicara memaparkan materinya masing-masing, kemudian sesi tanya jawab diletakkan diakhir.

Seminar ini merupakan perwujudan dari mata kuliah seminar yang harus diikuti oleh mahasiswa pascasarjana, 53 orang pemakalah mahasiswa pascasarjana dibagi menjadi 4 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 12-14 pembicara. Kesemuanya terbagi dalam 2 sesi, dimana sesi pertama terdiri dari pembicara satu hingga delapan, usai istirahat sejenak dilanjutkan dengan sesi kedua yang terdiri dari pembicara sembilan hingga empat belas.

Ketua panitia yang ditemui dalam kesempatan terpisah, mengungkapkan dengan diangkatnya tema ini, diharapkan mampu memberikan sumbangan wawasan bagi para seniman maupun akademisi dalam kegiatan eksplorasi seni.

Proses pelaksanaan seminar ini cukup menguras tenaga para mahasiswa pascasarjana, namun semangat tetap terpancar dari wajah mereka yang berharap agar prosposal yang diajukan mendapat respon yang positif. Pelakasanaan seminar ini merupakan yang pertama kali bagi program Pascasarjana ISI Denpasar yang baru saja membuka programnya di tahun 2011.

Comments are closed.