Seniman Barat Di Bali Dan Pengaruhnya Bagi Seni Rupa Setempat

Mar 11, 2010 | Artikel, Berita

Oleh : I Wayan Adnyana, S.Sn., Jurusan Seni Rupa, FSRD, DIPA 2008

Abstract

Menyusuri bagaimana posisi seniman Barat di Bali, dan bagaimana p[enmgaruh bagi perkembangan seni rupa lukis (rupa) di Bali, memang sebuah topik penelusuran sejarah yang sngat penting. Bagaimana pun berbagai tulisan menyangkut beberapa topikkecil tentang persoalan ini telah banyak ditulis beberapa peneliti dan juga pengakaji sejarah seni di Bali. Tetapi memetakannya ke dalam timbang; bagaimana model (karakteristik) pengaruh yang ditimbulkan oleh seniman Barat yang dimaksud, sangatlah masih krang.

Mengambil posisi untuk meneliti sekaligus memetakan bagaimana posisi seniman Barat di Bali dari kurun tahun 30-an hingga tahun 2005, adalah hal yang sangat penting untuk menjawab bagaimana peran sekaligus pula bagaimana posisi perupa Bali di hadapan seniman Barat di tiap generasinya.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...