Sidang Senat Terbuka Dies Natalis IX dan Wisuda Sarjana X

Sidang Senat Terbuka Dies Natalis IX dan Wisuda Sarjana X

Kiriman Nyoman Dewi Pebriyani, Dosen PS. Desain Interior.

Acara puncak Dies Natalis IX dan Wisuda Sarjana X Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar berlangsung pada hari Sabtu (28/7) bertempat di Gedung Natya Mandala, turut dihadiri oleh Rektor ISI Yogyakarta, Rektor ISI Solo, I Wayan Berata, serta beberapa undangan penting lainnya. Acara Wisuda Sarjana ke sepuluh ISI Denpasar berlangsung dari pagi hari dengan wisudawan berjumlah 128 orang dari seluruh jurusan di ISI Denpasar.

“Peran perguruan tinggi seni negeri ke depan semakin penting dengan tambahan tugas pokok yang diberikan, sebelumnya hanya berfokus pada kesenian, akan diperluas dengan kebudayaan yang terkait dengan kesenian tersebut. Oleh karena itu konversi Institut Seni Indonesia Denpasar menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia Denpasar, harus mampu mewujudkan cita-cita dalam pembangunan karakter bangsa, memperkokoh seni dan budaya serta memperkuat NKRI”, ungkap Prof Rai dalam laporannya.

Pada pelaksanaan acara wisuda kali ini, ISI Denpasar menganugerahkan dan mengukuhkan I Wayan Berata yang berusia 86 tahun, sebagai Mpu Seni. Dalam kesempatan ini beliau yang didampingi oleh putrinya Prof. Suci yang juga merupakan guru besar bidang Kajian Budaya Universitas Udayana. Melalui putrinya beliau mengungkapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dianugerahkannya gelar Mpu Seni ini.

Usai acara pengukuhan disusul dengan orasi ilmiah oleh Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar.,M.Hum yang juga merupakan Pembantu Rektor II ISI Denpasar dengan judul Profesionalisme dalam Seni Pertunjukan Tradisional Bali; Peluang dan Tantangannya.

Kemudian sampailah pada acara yang ditunggu-tunggu yakni pelantikan dan penyerahan ijazah wisudawan oleh Rektor ISI Denpasar didampingi oleh Pembantu Rektor dan Dekan dari kedua fakultas. Wisudawan berasal dari seluruh jurusan di dua Fakultas; Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari 18 wisudawan jurusan Seni Tari, 23 wisudawan jurusan Karawitan, dan 3 wisudawan jurusan Pedalangan. Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari 22 wisudawan jurusan Seni Rupa Murni, 14 wisudawan jurusan Desain Interior, 41 wisudawan jurusan Desain Komunikasi Visual, 4 wisudawan jurusan Kriya Seni, dan 3 wisudawan jurusan Fotografi.

Kebanggaan dan kebahagiaan terpancar jelas di wajah para wisudawan yang satu persatu menuju keatas panggung untuk menerima ijazah dengan diiringi lagu padamu negeri oleh group paduan suara dan kelompok musik biola yang merupakan hasil didikan dosen ISI Denpasar. Usai menerima ijazah, seluruh wisudawan mengucapkan janji wisudawan yang dipimpin oleh salah satu wisudawan. Akhirnya acara ditutup dengan ucapan terimakasih, pesan dan kesan oleh perwakilan wisudawan Ni Nengah Ari Wijayani.

Comments are closed.