Sikap Kerja Praktek Ukir Pada Sekolah Menengah Industri Kerajinan Batubulan, Gianyar, Bali

Sep 2, 2010 | Artikel, Berita

Drs. I Made Radiawan, M.Erg.

[email protected]

1.1    Latar Belakang.

Proses belajar adalah proses pembelajaran dalam sistim pendidikan yang dilakukan  sekolah dasar, menengah dan diperguruan tinggi baik yang sifatnya  formal maupun informal  dengan tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pada masa dini pendidikan sangatlah penting dimana harus banyak hal yang perlu diketahui atau dikenal  baik melalui bangku sekolah maupun di tempat-tempat privat yang dilaksanakan diluar sekolah.

Dalam sistim pendidikan akan mendapatkan wawasan secara global  baik di sekolah umum maupun di sekolah kejuruan,  sekolah umum sudah tentu ada jenjang yang lebih tinggi tingkatannya dan tingkat kejuruan siswa akan didik sebagai tenaga siap pakai setelah menyelesaikan pendidikannya tapi kemungkinan juga dapat melanjutkan kejenjang ketingkat yang lebih tinggi. Dalam tinjauan ke lapangan di SMIK Batubulan salah satu sebgai obyek untuk bisa dijadikan kasus yang banyak perlu diamati, dimana  siswa merupakan obyek untuk dijadikan studi kasus terutamanya dalam melakukan pratek pada mata pelajaran  praktek ukir (ukir kayu)

Waktu bekerja banyak siswa yang melakukan  praktek ukir kayu dijumpai  bahwa sikap duduk para siswa duduk bersila di lantai  dengan ubin keramik tanpa memakai bantalan (tempat duduk), kadang-kadang dengan posisi jongkok dengan  punggung membungkuk  serta obyek kerja tanpa menggunakan landasanSikap kerja yang tidak fisiologis menjadi penyebab  timbulnya keluhan pada system musculoskeletal.

Untuk mengatasi masala-masalah yang dihadapi oleh siswa SMIK Batubulan perlunya  dilakukan beberapa perbaikan dalam kondisi kerja, dari  duduk dilantai dengan sikap jongkok diubah dengan dibiasakan memakai tempat duduk (kursi) dengan   bekerja diatas meja kerja  yang  ergonomic diharapkan dengan perbaikan sikap kerja dan stasiun kerja  sehingga lelah tidak muncul dengan cepat dan meningkatkan produktivitas kerja pratek siswa SMIK Batubulan.

Sikap Kerja Praktek Ukir Pada Sekolah Menengah Industri Kerajinan Batubulan, Gianyar, Bali Selengkapnya

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...