Sinopsis Lomba Cipta Seni Pertunjukan Kontemporer

Sinopsis Lomba Cipta Seni Pertunjukan Kontemporer

Semester VII: Karena Mu: Konsep boneka tari / marionette. Kehidupan manusia ibarat wayang yang dikendalikan oleh dalang/ dalam hal ini Tuhan. Berusaha mengangkat kejadian yang ada dikehidupan manusia, property menggunakan tali karena ada keterkaitan dalang yang didepan. Penari 7 orang, 2 dalang. Konsep ilustrasi musik yang mendukung suasana. Garapan music menggunakan alat2 musik kekinian dan bercampur tradisi. Konsep boneka karena prilaku kita sangat beragam dan menarik untuk ditampilkan, ada perkelahian, romantisme.

Semester V: Kursi-Kursi : konsep music, mengiringi tari, music tidak hanya pendukung suasana saja. Music dalam gagasan. Alat music berpencon yang diilham dari sifat penguasa. Mencari sesuatu yang baru menggunakan konterpoint, yang menjadikan rasa special. Instrument bermencon tidak memiliki nada yang pasti. Pedalangan: memasukkan 2 tokoh dalang dengan 2 penari (bayangan), waktu terus berputar, terdapat bayangan di balik itu memakai sarana uang untuk mencapai tujuan. Terakhir dimasukkan narasi selain bahasa Indonesia tapi juga kekawin yang terikat lagu dengan kekawin yang bebas. Tujuannya agar pementasan itu lebih tertuju, maksudnya penolakan jaman kaliyuga. Suasana kekinian bagaimana kursi itu diperebutkan.

Sementer 3: tema: membentuk insan cerdas dan kompetetif melalui seni kontemporer, dengan judul’ di atas waktu’. Semester 3 berusaha mengangkat konsep, dengan menggali konsep buruk manusia (malas). Tugas menjadi beban, sering menunda2 pekerjaan, ketika rasa malas tersebut menguasai diri, menjadi mahasiswa stress. Pedalangan menampilkan kostum property wayang kayonan, bima, topeng jongos, karakter mahasiswa yang malas. Ada kekhasan masa lalu dan masa sekarang., narasi ada filsafat. Tarinya penarinya 9 orang. Wayang diatur oleh seseorang dengan 6 penari sebagai bayangan, yang menggambarkan apabila sifat malas yang mendominasi. Pesan yang diingin disampaikan: tanpa kita sadari rasa malas lebih mendominasi, sehingga jangannya menunda2 pekerjaan.  Music gong gede yang sifatnya agung dan mengegelegar. Yang didalamnya memakai instrument .

Semester I: garapan ini berkonsep: “Kara-perkara” alam ketika keseimbangan alam terganggu maka terganggulah kehidupan kita. Kita percaya di alam ini ada makhluk lain yang hidup dan lahir. Keseimbangan alam harus dijaga untuk kenyaman kita dalam kehidupan.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.