Sistem Tanda Dan Strategi Kreatif Dalam Iklan Televisi (Kajian Semiotika : Iklan Tolak Angin)

Sistem Tanda Dan Strategi Kreatif Dalam Iklan Televisi (Kajian Semiotika : Iklan Tolak Angin)

Oleh : I Nyoman Larry Julianto, Jurusan Desain, FSRD, DIPA 2008

Abstrak penelitian

Iklan tolak angin yang ditayngkan pada media televisi memiliki berbagai keunikan tersendiri yai5u adanya berbagai macam sisitem tanda atau makna serta penerapan strategi kreatif yang unik dalam perwujudannya.

Tujuan penelitian ini adalah mampu menjelaskan relasi sistem tanda (makna) pada wujud (tata ungkap pesan) iklan dari sidomuncul dalam hal ini iklan tolak angin versi “truli Indonesia” (Agnes dan Butet), tolak angin versi “kerja keras, go Internasional” (Agnes Monica) dan iklan tolak angin versi “Indonesia memang hebat” (Agnes dan Ari Lasso), yang dapat mempengaruhi khalayak sasaran atau target audience serta mampu menjelaskan daya tarik pesan serta pendekatan strategi kreatif yang dipilih pada wujud iklan (tata ungkap pesan) pada media televisi dari Sidomncul tersebut dapat mengkomunkasikan maksud dan tujuan pengiklanannya dengan baik berkaitan dengan tolok ukur, dengan menguraikan unsur-unsur visual yang diterapkan sehingga dapat mempengaruhi khalayak sasaran atau target audience berdasarkan pendekatan semiotika dan mampu menganalisa strategi kreatif yang digunakan dalam perwujudan iklannya.

Data yang didapat, dianalisa dengan menguraikan secara deskriptif kualitatif mengenai unsur-unsur yang ada pada setiap desain iklan tersebut sehingga diketahui unsur-unsur yang memiliki nilai relasi tanda (makna) serta makna denotasi dan konotasi serta akan diketahui pula strategi kreatifnya. Hasil pembahasan iklan Tolak Angin dari PT. Sidomuncul terhadap perwujudan unsur-unsur desain iklan melalui pendekatan semiotika dapat memberikan informasi tentang cara menghilangkan keraguan terhadap produk herbal serta menempatkan Sidomuncul sebagai salah satu pengembang tradisis dan budaya asli Indonesia menjadi modern dan semakin memperkuat citra Indonesia sebagai bangsa yang hebat akan seni, dan intelektual. Melalui analisa tehadap persuasif iklan maka diketahui strategi kreatif yang diterapkan tidak sama pada masing-masing iklan walaupun menawarkan jenis produk yang sama. Wujud desain iklan Tolak Angin pada media telah memenuhi kriteria persyaratan dari perwujudan unsur-unsur perancangannya untuk mengkomnikasikan tujuan konsep perwujudan iklannya dan penerapan unsur-unsur visual dalam wujud desain iklan terkait dengan nilai semiotika. Konsep perancangan iklan dengan menerapkan nilai-nilai makna pada perwujudannya, sangat bermanfaat dalam menciptakan media komunikasi yang komunikatif sehingga khalayak sasaran akan dapat memahami dengan cepat tujuan pengiklannya.

Kata kunci : Wujud Desain Iklan Tolak Angin, nilai semiotika, media televisi, strategi kreatif

Sumber Foto: http://biruputih.deviantart.com/art/Tolak-Angin-Anak-Sido-Muncul-127406051

Comments are closed.