Sosialisasi Sistem Informasi Akademik

Sosialisasi Sistem Informasi Akademik

Sosialisasi Sistem Informasi Akademik

Rektor ISI Denpasar memberikan sambutan sekaligus membuka Sosialisasi

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2006 telah membangun suatu jaringan komputer antar perguruan tinggi yang dinamakan Indonesian Higher Education Network (INHERENT). Adapun tujuan dan fungsi utama jaringan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang kegiatan tridarma serta pengelolaan perguruan tinggi. Selain itu jaringan ini dirancang untuk menghubungkan seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Saat ini jaringan ini telah menghubungkan 32 perguruan tinggi dari ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sejalan dengan visi ISI Denpasar untuk go internasional, maka harus didukung dengan pengembangan tekhnologi informasi. Pada tahun 2007 ISI Denpasar memenangkan hibah Indonesian Higher Education Network (INHERENT).

Berkaitan dengan hal ini, UPT Puskom sebagai salah satu pemenang hibah Inherent telah melaksanakan beberapa program sebagai implementasi pelaksanaan program Inherent ISI Denpasar. Salah satunya mengadakan pelatihan dan sosialisasi system informasi akademik. Pelatihan yang diikuti oleh staf akademik FSP, FSRD dan BAUK ISI Denpasar berlangsung selama 2 hari dari tanggal 12 – 13 Januari 2009. Sementara sosialisasi system informasi akademik berlangsung sehari (14 januari 2009) diikuti oleh para dosen dan mahasiswa di lingkungan ISI Denpasar, dengan narasumber Bety Ria Setsaba, S.Kom., serta Muhammad Urip Raharjo dari PT. Gamatechno Indonesia, yang merupakan anak usaha dari UGM.

Sementara Pj. Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai., S., M.A, yang membuka acara sosialisasi system informasi akademik merasa sangat bangga karena pemanfaatan tekhnologi informasi sudah bisa diterapkan di ISI Denpasar. Hal ini bisa meningkatkan akuntabilitas ISI Denpasar dalam dunia pendidikan, yang sesuai dengan harapan Higher Education Long Terms Strategy (HELTS) serta sesuai dengan roh BHP. Perwujudan tersebut memiliki kata kunci kompetitif dan inovatif, dimana tanpa ikut bersaing lewat hibah, tidak mungkin ada kegiatan yang menghasilkan inovasi-inovasi baru. Sehingga akuntabilitas dari berbagai program hibah bisa dilaksanakan secara optimal di ISI Denpasar.

Menurut Kepala UPT Puskom ISI Denpasar, Hendra Santosa, S,SKar., M.Hum, ISI Denpasar telah memiliki master plan untuk pengembangan System Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang baru berjalan sekitar 25 % hingga pengembangaannya nanti di tahun 2011. Sosialisasi system akademik ini nantinya mengarahkan segala kegiatan akademik ISI Denpasar bersifat online. Dimana salah satu pemanfaatan teknologinya adalah para dosen ISI Denpasar dengan mahasiswanya dapat berinteraksi langsung lewat TIK tanpa harus bertatap muka.

Kedepan implementasi INHERENT juga dapat dimanfaatkan secara bersama misalnya dalam keperluan penelitian atau praktikum, pembelajaran jarak jauh (distance learning), khususnya berbasis TIK (e-learning) dengan memanfaatkan fasilitas video-conference atau video-streaming. Sehingga ISI Denpasar yang banyak memiliki karya-karya seni dapat menyebarluaskan karyanya melalui video streaming. Ini akan memberikan warna tersendiri bagi kampus seni ISI Denpasar dan masyarakat diberi kesempatan untuk menilai sejauh mana perkembangan ISI Denpasar.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.