Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand Melakukan Studi Banding ke ISI Denpasar

Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand Melakukan Studi Banding ke ISI Denpasar

Denpasar- Sebanyak 29 orang mahasiswa dan dosen dari Program Pasca Sarjana, Graduate School in Performing Art, Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand mengadakan study banding ke ISI Denpasar, tadi pagi (2 April 2010). Rombongan diterima oleh Rektor ISI Denpasar beserta para pejabat struktural di lingkungan ISI Denpasar. Kegiatan studi banding diawali dengan mengunjungi Gedung pusat dokumentasi, Lata Mahosadi ISI Denpasar. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi akademik, guna bertukar informasi terkait sistem akademik di masing-masing perguruan tinggi. Dalam diskusi singkat terungkap kebanggaan atas ISI Denpasar sebagai salah satu lembaga pendidikan seni yang turut menjaga dan melestarikan seni budayanya, ditengah terpaan arus globalisasi. Mengingat di Thailand sendiri pengaruh globalisasi mengakibatkan dampak yang sangat buruk terhadap pelestarian seni dan budaya Thailand, dimana minimnya generasi muda yang tertarik untuk melestarikan seni dan budaya Thainland. Setelah mengenal lebih dekat kampus ISI Denpasar, lewat penjelasan singkat dari Rektor ISI Denpasar, acara dilanjutkan dengan melakukan work shop tari dan tabuh yang bertempat di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar. Workshop dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris ini dipimpin oleh I Wayan Suweca untuk workshop tabuh beserta I Gusti Ayu Srinatih untuk workshop tari. Para peserta sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan workshop.

Menurut Assoc. Prof. Chommanad Kijkhun (Phd), Head of Graduate School in Performing Arts, Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand, salah satu kurikulum dalam pendidikan program pascasarjana disana adalah melakukan workshop internasional. Dipilihnya Bali karena memiliki seni budaya yang hampir sama dengan Thainald. Sementara dipilihnya kampus ISI Denpasar sebagai salah satu tempat studi banding, karena ISI Denpasar sudah sangat terkenal di Thailand sebagai lembaga pendidikan seni yang memiliki reputasi baik. kedepan pihaknya akan terus melakukan kerjasama baik bidang akademis maupun non akademis.

Sementara Rector ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. menyambut baik kedatangan rombongan dari Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand. Mengingat kampus tersebut adalah kampus terbesar dalam bidang seni di Thailand, sehingga sangat baik untuk menjalin kerjasama diberbagai bidang. Sehingga kedepan ISI Denpasar akan melakukan kesepakatan lewat penandatanganan MOU dengan pihak Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand. Program yang memungkinkan untuk terealisasi adalah pertukaran mahasiswa dan dosen, melakukan penelitian bersama, seminar bersama hingga kolaborasi seni bersama. Prof. Rai menambahkan bahwa Suan Sunandha Rajabhat University-Thailand adalah Perguruan Tinggi yang keempat di Thailand yang memiliki hubungan relasi dengan ISI Denpasar. Sehingga ini sangat baik untu lebih menambah jejaring ISI Denpasar, dan lebih merealisassikan internasionalisasi Perguruan tinggi seni.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.