T-Shirt Dan Daftar Menu Sebagai Sarana Promosi Aromas Café Di Legian Kuta Bali

T-Shirt Dan Daftar Menu Sebagai Sarana Promosi Aromas Café Di Legian Kuta Bali

Kiriman: I Ketut Baskara Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Desain ISI Denpasar

I.                   T-Shirt

Pada sub ini mahasiswa akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media promosi T-Shirt yang digunakan sebagai salah satu media komunikasi visual sebagai sarana promosi Aromas Café di Jalan Legian Kuta-Bali.

Unsur Visual Desain

1. Bentuk Fisik

Bentuk fisik dari media t-shirt ini adalah menyerupai huruf T.

2. Ilustrasi

Dalam desain media t-shirt ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah ilustrasi sayur-sayuran dan logo Aromas Cafe yang dimaksudkan untuk memberi kesan simple. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan.

3. Teks

Desain media spanduk ini menggunakan teks berupa slogan “healthy vegetarian cuisine“, dimana memberikan informasi kepada masyarakat bahwa di Aromas Café menyediakan masakann vegetarian yang menyehatkan.

4. Huruf / Typografi

Desain media promosi ini menggunakan dua jenis huruf atau typografi, yaitu: Vivaldi, serta Arial. Jenis tipografi tersebut diatas dikomposisikan menurut ukuran dan keseimbangan guna mendapatkan kesatuan serta ritme yang tepat dimana nantinya dapat memberikan keseimbangan informasi yang dinamis.

5. Warna

Dalam desain t-shirt ini menggunakan warna kuning kehijauan. Warna ini dipilih berdasarkan salah satu konsep dari perancangan media ini karena merupakan salah satu warna yang menggambarkan alam dan sayuran.

6. Bahan

Desain media t-shirt ini menggunakan bahan kain cotton.

7. Teknik Cetak

Untuk mewujudkan media t-shirt ini menggunakan teknik cetak sablon.

Kreatif Desain

Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif  desain t-shirt ini, dibuat 3 alternatif desain.

Desain t-shirt ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dan ilustrasi dalam desain ini dianggap lebih simple  sehingga informasi yang disampaikan lebih cepat tersampaikan, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “natural”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa slogan promosi yang singkat, jelas dan informatif. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran)

Tampilan Desain

Dari hasil alternatif desain, dapat ditampilkan desain terpilih sebagai berikut:

Nama Media   : T-Shirt

Ukuran                        : S (small), M (medium), L (large), XL(Xtra Large)

Bahan              : Kain Cotton Combed 20 S

Huruf              : Vivaldi, Arial

Teknik             : Cetak sablon

Dalam desain media promosi t-shirt ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah sayuran dan logo Aromas Cafe yang dimaksudkan untuk memberi kesan simple. Diharapkan nantinya pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tersampaikan.

T-Shirt dan  Daftar Menu sebagai Sarana Promosi Aromas Café Di Legian Kuta Bali Selengkapnya

Comments are closed.