Tabuh Kreasi “Kebyar Kebyar”

Tabuh Kreasi “Kebyar Kebyar”

Tabuh Kreasi Kebyar kebyar_800x600Karya : I Nyoman Windha, SSKar.,MA.

Kebyar ……..sebuah kata yang sudah melekat dihati masyarakat pencinta gamelan Bali, baik yang ada di Bali maupun yang berada di luar Bali. Pemilihan judul Kebyar-kebyar dalam karya ini dapat dimaknai dua pengertian yaitu: yang pertama sebagai sebuah kata benda, kata kebyar dipakai untuk menyebutkan nama jenis tabuh yaitu tabuh Kebyar. Kedua Kebyar sebagai kata sifat atau kata kerja yang berarti sinar.

Tabuh kreasi Kebyar- Kebyar ini terinspirasi dari berbagai kekuatan sinar yang muncul dari berbagai sumber. Sumber nyala api yang berbeda, dapat memunculkan kekuatan sinar dengan pijaran api yang berbeda pula, seperti api yang muncul dari sebuah ledakan, nyala korek api, kompor listrik, bara kayu bakar, toaster (alat untuk membakar roti) dan yang lainnya, yang sudah barang tentu masing-masing memiliki kekuatan, suhu panas dan warna sinar yang berbeda.

Sinar-sinar yang muncul dari berbagai sumber ini diimplementasikan ke dalam sebuah tabuh kreasi baru yang sangat kental dengan nuansa kekebyaran. Tabuh ini menonjolkan kekuatan melodi sebagai elemen music yang paling penting, sedangkan elemen music yang lainnya seperti : ritme, irama, tempo dan dinamika mengikuti alur melodi yang ditata melalui pertimbangan estetika yang cukup matang.

Sekilas tabuh ini mengingatkan kita dengan karya-karya di era tahun 1990-an, namun ada beberapa pola permainan digarap lebih detail dan struktur tabuh disusun sedikit berbeda dari yang biasanya. Walaupun sudah diberikan nafas kekinian, tabuh ini diharapkan mampu melepas kerinduan kita terhadap karya-karya yang pernah ada di masa lalu.

 Pendukung Karawitan : Mahasiswa Seni Karawitan Semester IV

Comments are closed.