Tabuh Kreasi “Klabang Moding”

Aug 10, 2014 | Artikel, Berita

Tabuh Kreasi Klabang Moding_800x600Karya : I Made Subandi, SSn.

Kelabang atau kelangsah adalah anyaman yang terbuat dari daun kelapa, merupakan kreatifitas masyarakat yang penuh dengan jalinan bermotif kreatif yang berbeda, sesuai dengan jenis kelabang yang di buat. Masing-masing kelabang, mempunyai ciri khas dan identitas tersendiri. Sedangkan moding di daereah tertentu untuk menyebutkan pohon enau. Kelabang moding adalah anyaman kelabang yang dibuat dari pelapah enau.

Jalinan atau anyaman kelabang tersebut merupakan inspirasi dari peñata untuk membuat karya ini. Ada seling satu (sauh besik), seling dua (sauh dua), dan juga seling tiga (selat/sauh telu). Kerapatan dari masing-masing kelabang tergantung sauh atau jenis anyamannya. Dalam komposisi Kelabang Moding ini penggarap mentransfer sauhan atau ulatan kelabang itu dengan acak, kontras yang harmonis sesuai dengan rasa ilusi penafsiran penggarap.

Pendukung tari                : Mahasiswa Jurusan Seni Tari Semester VI

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...