Tahun 2013 ISI Denpasar Akan Jalin Kerjasama dengan Nanjing University of The Arts-Cina

Tahun 2013 ISI Denpasar Akan Jalin Kerjasama dengan Nanjing University of The Arts-Cina

Prof. Guan dari Nanjing University of The Arts- Cina (tengah) sedang memberikan cindramata kepada Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A (Kanan), didampingi PR IV ISI Denpasar, I Wayan Suweca, S.SKar., M.Mus.

Prof. Guan dari Nanjing University of The Arts- Cina (tengah) sedang memberikan cindramata kepada Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A (Kanan), didampingi PR IV ISI Denpasar, I Wayan Suweca, S.SKar., M.Mus.

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. ( Dosen PS Pedalangan).

Denpasar- ISI Denpasar sebagai salah satu perturuan tinggi yang masuk dalam 50 perguruan tinggi menjanjikan di Indonesia, pada tahun 2013 akan melebarkan sayap kerjasama ke Cina. Cina sebagai negara yang sangat kaya akan seni dan budayanya menjadi sasaran ISI Denpasar untuk kerjasama baik dalam bentuk pertukaran dosen, mahasiswa, penelitian bersama hingga kolaborasi pementasanan. Hal ini diperkuat dengan kunjungan rombongan yang berasal dari Nanjing University of The Arts-Cina ke ISI Denpasar pada 14 Pebruari 2013. Rombongan berjumlah 10 orang dimpimpin oleh Prof. Guang Jian Hua Anthropology of Music, Music Education dan David Tang sebagai Doctoral Candidate in Anthropology of Music di Nanjing University of the Arts serta para mahasiswa dari Nanjing University of the Arts. Kunjungan mereka disambut oleh Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. dan didampingi oleh PR IV ISI Denpasar, I Wayan Suweca, S.SKar., M.Mus.

Rektor ISI Denpasar menyambut baik kunjungan mereka, apalagi agenda muhibah seni ISI Denpasar tahun 2013 ini adalah bertandang ke Cina. Sehingga kunjungan Nanjing University of The Arts ke ISI Denpasar sebagai jembatan awal menuju kerjasama yang lebih dalam. Prof. Rai mengharapkan, nantinya dari kunjungan ISI Denpasar ke Cina akan terjalin kerjasama antara ISI Denpasar dengan Nanjing University of The Arts yang dikuatkan dengan penandatanganan Mou. “Belum banyak dosen dan mahasiswa asing dari Cina, sehingga besar harapan kunjungan ini mampu meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa asing yang berasal dari Cina" ujar Prof. Rai saat presentasi.

Foto bersama

Foto bersama

Suasana kunjungan semakin akrab karena Prof. Rai mampu mencairkan atmosfer dengan menjelaskan konteks hubungan Cina dan Indonesia khususnya Bali yang sudah terjalin lama. Apalagi Prof. Rai pernah melakukan research tentang Gong Beri sebagai gamelan yang mengiringi Tari Baris Cina. Selain itu terdapat kisah Kang Ching Wie yaitu pernikahan Raja Bali dengan putri saudagar dari Cina dan literatur Cina yaitu Sampik Ing Tai. Penjelasan Prof. Rai membuat kunjungan diwarnai berbagai pertanyaan yang mencerminkan ketertarikan mereka terhadap Bali umumnya. Prof. Guan Tian juga sangat mengapresiasi keberadaan kampus ISI Denpasar yang indah serta koleksi gamelan ISI Denpasar yang dikelola baik menjadi kesan positif bagi mereka.

Menurut Prof. Guang kunjungannya ke ISI Denpasar selain ingin bertemu langsung dengan Prof Rai sebagai peneliti mereka juga ingin mempelajari gamelan Bali, melihat kurikulum, silabus khususnya pada music tradisional yang ada di ISI Denpasar. Sebelumnya rombongan telah mengunjungi ISI Denpasar dan diterima oleh Pembantu Rektor II ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum.

Comments are closed.