Tari Cak-Cupak akan Tampil pada FKI VII Di Surakarta

Tari Cak-Cupak akan Tampil pada FKI VII Di Surakarta

Sejumlah 124 dosen, pegawai dan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar  sore ini, Rabu (12/10) akan bertolak ke Solo, untuk menghadiri Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke VII dari tanggal 14-16 Oktober, dan akan dibuka secara resmi oleh Mendiknas pada tanggal 14  mendatang di ISI  Surakarta. ISI Denpasar akan tampil pada acara pembukaan dengan gamelan Gong Gede, Semar Pegulingan Saih Pitu, Selonding, serta Pegambuhan. Selain itu ISI Denpasar, selain 6 Institusi Seni lainnya di Indonesia yang merupakan anggota dari BKS PTSI (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Seni Indonesia) akan menampilkan tari Cak bertajuk “Cak-Cupak”

Tarian ini berkisah tentang kisah asmara Putri Raja Wiranantaja dari Kediri yang bernama Raden Galuh Laksmi. “Cak-Cupak” dibawah binaan Wayan Sudana, IB Mas, serta I Gede Oka Surya Negara ini menampilan mahasiswa dan dosen dari Fakultas Seni Pertunjukan yang ditata apik dan sangat menarik oleh ketiga seniman tersebut. Selain menampilkan tabuh dan Tari Cak, beberapa mahasiswa ISI Denpasar juga telah menghadiri workshop teater dan workshop kolaborasi sejak awal Oktober yang lalu, yang akan dipentaskan pada hari kedua dan ketiga FKI.

Rektor ISI Denpasar, Prof.Dr. I Waya Rai.S., M.A. yang juga menjabat sebagai Ketua BKSPTSI periode 2009-2011 akan tampil membawakan makalah dalam Seminar Internasional tentang Vokal. Selain Prof. Rai akan hadir Prof. Sri Hastanto dari ISI Surakarta, serta Edward Herbest dari USA. Seminar internasional tentang Film juga akan menghadirkan pembicara Philip Ceah dari Singapore serta Leo Hobaica dari USA.

Pada tanggal 15 dan 16 akan diadakan pertunjukan hasil workshop serta pameran seni rupa. Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama ISI Denpasar, I Wayan Suweca, S.Skar., M.Mus.yang memimpin langsung rombongan ISI Denpasar ke FKI VII, ditemui di sela-sela acara latihan persiapan FKI VII mengatakan bahwa persiapan ISI Denpasar sudah maksimal. “Persiapan dan latihan tekun yang telah dilaksanakan akan memberikan hasil pementasan yang maksimal juga. Kami atas nama Pimpinan sangat berterima kasih atas kerja keras dan semangat seluruh Dosen, Mahasiswa, dan pegawai untuk kesuksesan penampilan ISI Denpasar di FKI nanti,”pungkasnya.

Comments are closed.