Tari Selat Segara dalam Love and Friendship for Japan

Tari Selat Segara dalam Love and Friendship for Japan

Perhelatan acara yang bertajuk Love and Friendship for Japan (5/4), bertempat di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Lapangan Renon Denpasar dihadiri oleh Gurbernur Bali, beberapa Bupati, konsulat Jepang, konsulat Negara tetangga, serta mahasiswa dari beberapa universitas di Denpasar. Acara ini merupakan rangkaian dari acara Pray For Japan yang dilaksanakan di Pura Uluwatu sepuluh hari yang lalu, dibuka dengan pementasan tari Selat Segara yang diiringi oleh tabuhan gamelan dan karawitan dari ISI Denpasar.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan singkat dari Gurbernur Bali, Made Mangku Pastika, beliau mengungkapkan rasa prihatin dan kesedihan yang mendalam atas nama pribadi dan masyarakat Bali atas bencana alam gempa dan tsunami yang menimpa Negara Jepang, dimana antara Bali dan Jepang memiliki keterikatan emosional yang begitu mendalam sehingga diharapkan agar Jepang segera bangkit dan menata kembali kehidupan sosialnya.

Deretan acara yang cukup padat dengan pementasan nyanyian dari artis Bali kemudian dialanjutkan doa bersama dengan menghidupkan lilin yang telah dibagikan oleh panitia, acara doa bersama dipimpin oleh Sulinggih, Pendeta Jepang, serta didampingi oleh para Pendeta dan Rohaniawan.

Setelah acara doa bersama salah satu perwakilan dari Konsulat Jenderal Jepang yang tergabung dalam masyarakat Jepang di Bali memberikan pesan dan kesan dalam bahasa Indonesia yang lancar, beliau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta mengungkapkan lubuk hatinya tersentuh cukup dalam atas pagelaran yang dipersembahkan untuk masyarakat Jepang, pagelaran ini membuktikan bahwa Jepang tidak berdiri sendiri dan Bali bersedia mengulurkan tangan untuk membangkitkan semangat baru bagi masyarakat Jepang. Sebagai acara balasan, seniman yang tergabung dalam komunitas Jepang di Bali menyumbangkan pertunjukan untuk menghibur masyarakat Denpasar dan sekitarnya.

Acara ditutup dengan penyalaan lilin kembali serta menyanyikan bersama lagu Imagine dan Heal The World oleh artis Bali, undangan dan masyarakat mengikuti alunan lagu dengan mengangkat tangan dan melambai-lambaikan sambil menghayati lagu yang ditujukan untuk membangkitkan semangat saudara kita yang mengalami bencana di Jepang.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.