Tarian Siwa Nata Raja dan Adi Merdangga Mengawali PKB ke-33

Tarian Siwa Nata Raja dan Adi Merdangga Mengawali PKB ke-33

DENPASAR- Tarian kolosal Siwa Nata Raja dan Adi Merdangga garapan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar akan mengawali atraksi budaya pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 pada 10 Juni mendatang.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika di Denpasar, Senin (30/5), kedua tarian yang digarap secara apik dan profesional itu melibatkan ratusan mahasiswa dan dosen lembaga pendidikan tinggi tersebut.
Ia mengatakan, penampilan tim ISI Denpasar dalam atraksi budaya dimulau dari depan bangsal Jaya Sabha Gubernuran Denpasar hingga Taman Budaya Denpasar, tempat berlangsungnya aktivitas seni tahunan di Bali itu. Disusul dengan duta seni dari delapan kabupaten dan satu kota di provinsi itu.
Setiap kabupaten/kota menampilkan keunikan dan ciri khas daerah masing-masing yang dirangkai sedemikian rupa oleh penampilan kabupaten/kota lainnya. Dengan demikian, menjadi satu kesatuan atraksi yang unik dan menarik.
Aktivitas seni itu melibatkan ratusan seniman Bali utara, menyusul Kabupaten Karangasem yang menampilkan ketangkasan pasukan perang tradisional serta berbagai jenis pasukan dan model latihan perang.
Semuanya itu dikemas dalam bentuk seni, diiringi alunan instrumen musik tradisional Bali (gamelan), diikuti duta seni Kabupaten Jembrana, Bali barat yang menyuguhkan Segara Kertih atau petik laut menampilkan seni kerakyatan khas daerah setempat.
Kota Denpasar dalam atraksi budaya itu menampilkan harmoni multi kultur, Kabupaten Tabanan Nangkluk Merana, yakni kegiatan ritual dalam membasmi hama tanaman yang mengganggu pertanian.

SumberL mediaindonesia.com

Comments are closed.