Temu Karya Mahasiswa Kriya Se-Indonesia : Surprisse#4

Temu Karya Mahasiswa Kriya Se-Indonesia : Surprisse#4

Guna membangkitkan kejayaan kriya seperti di masa lalu, maka para kriyawan-kriyawan muda di Bali khususnya terinspirasi untuk mengadakan pameran dengan nama kegiatan Surprisse#4 yang mengusung tema “Dimensi Kriya Kini”. Dalam pameran ini menghadirkan karya-karya mahasiswa seni rupa khususnya jurusan kriya yang tergabung dari institut-institut seni di berbagai kota, di antaranya ISI Denpasar, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ITB, IKJ, STSI Padang Panjang, UNS Solo, UNNES Semarang, STKW Surabaya, Universitas Malang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya. Pameran yang dibuka dari tanggal 21 hingga 24 April 2010 ini, diharapkan mampu menyulut kembali semangat kriyawan-kriyawan muda yang lama padam. Selain itu kegiatan yang sudah berlangsung ke empat kalinya ini bertujuan sebagai wadah berekspresi dan penuangan ide dalam penciptaan karya kriya, sebagai ajang apresiasi mahasiswa kriya dan masyarakat, sebagai wujud eksistensi Seni Kriya dalam perkembangn Seni Rupa Indonesia serta mempertemukan mahasiswa kriya se Nusantara sebagai upaya mempersatukannya demi kebangkitan Seni Kriya Nusantara.

Adapun materi kegiatan yaitu pameran hasil karya mahasiswa kriya, sarasehan tentang perkembangan forum komunikasi mahasiswa kriya Indonesia dan presentasi hasil karya mahasiswa dari masing-masing institut, seminar tentang dunia kriya di Indonesia dari beberapa delegasi Institut Seni di Indonesia yang menjadi peserta, workshop keris; worksop Tapestri,serta workshop topeng ini akan diikuti seluruh mahasiswa Kriya Nusantara, dan siswa-siswi SMK sebagai upaya pelestarian budaya nusantara, mural : mural ini diikuti seluruh mahasiswa Kriya Nusantara, bertujuan mengekspresikan kreatifitas dari masing-masing delegasi peserta serta melakukan kunjungan ke pengeraji  tatah kulit/ kayu yang ada di Bali.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana yang sekaligus Ketua Prodi Kriya, Drs. I Ketut Muka P, M.Si mengungkapkan kegiatan ini sangat didukung oleh Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. dan rencananya dibuka oleh Wali kota Denpasar Bpk. Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra. Selain itu acara ini sebagai momentum untuk mempromosikan Prodi Kriya yang selama ini mulai ditinggalkan generasi muda, serta menunjukkan eksistensi mahasiswa kriya yang ada di seluruh Indonesia.

Seni kriya merupakan seni budaya yang menjadi akar dari seni rupa Indonesia sudah sepantasnyalah seni ini dilestarikan, dikaji, dan diamalkan kepada masyarakat luas. Serangkaian acara yang terangkum dalam kegiatan Surprisse #4 ini adalah wujud nyata dari konsep panjang tersebut. Sekecil apapun usaha yang dilaksanakan dengan niat baik pasti akan membuahkan hasil.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.