The 4th English Debating Contest Sebagai Upaya ISI Denpasar Go Internasional

The 4th English Debating Contest Sebagai Upaya ISI Denpasar Go Internasional

(Denpasar-Humasisi) Jelang perayaan Dies Natalis VII dan Wisuda Sarjana VIII yang jatuh pada tanggal 28 Juli 2010, beragam perlombaan  dan acara telah dilaksanakan oleh civitas akademika ISI Denpasar. Salah satunya adalah Lomba  Debat Bahasa Inggris tingkat Mahasiswa (English Debating Contest) yang dilangsungkan di gedung  Lata Mahosadi pusat Dokumentasi (PUSDOK) ISI Denpasar pada hari Rabu (21/7). Acara tersebut  dibuka oleh Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Drs. I Ketut Murdana, M.Si., untuk mewakili Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA. dan dihadiri oleh Dekan FSP dan Dekan FSRD beserta jajarannya.

Pembantu Rektor I Drs. I Ketut Murdana, M.Si. dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga acara debat ini berlangsung setiap tahun yang kini sudah memasuki event yang keempat kalinya. Sesuai dengan Visi ISI Denpasar yang berbasis keunggulan lokal dengan  standar internasional, kita sebagai seniman tidak bisa  lepas dari  hubungan dengan dunia internasional, apalagi sekarang jaman globalisasi dan digital informasi yang sangat progresif perkembangannya. Jadi kita harus meningkatkan kemampuan bahasa asing kita agar tidak ketinggalan mengenai perkembangan disiplin ilmu yang kita geluti.

Menurut Ketua Panitia Lomba Debat Bahasa Inggris 2010, Ni Ketut Dewi Yulianthi, S.S., M.Hum., lomba debat ini diikuti oleh 15 orang peserta dari kedua Fakultas  yang ada di ISI Denpasar. Peserta dari dua Fakultas yang ada di ISI yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Seni Pertunjukan dengan perincian, 4 orang dari DKV, 2 dari Desain Interior, 2 orang dari Fotografi dan 2 orang dari Seni Rupa Murni. Sedangkan dari Fakultas Seni Pertunjukan diikuti oleh 3 orang dari Jurusan Pedalangan dan 2 orang dari Karawitan. Dewi Yulianthi mengharapkan dengan diadakannya lomba debat ini, kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dapat meningkat sehingga dapat memperluas wawasan dan networking-nya ke dunia internasional. Pihaknya menambahkan dengan diselenggarakannya Lomba debat Bahasa Inggris yang keempat kalinya ini, telah membuahkan hasil. Dimana para pemenang lomba secara rutin diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba debat tingkat nasional, diantaranya baru-baru ini tanggal 14-16 Juni 2010, ISI Denpasar ikut serta dalam National University English Debating Championship (NUEDC) yang diselenggarakan di Yogyakarta. ISI Denpasar mengirimkan 1 team yang terdiri dari 1 mahasiswa dari FSP dan 1 mahasiswa dari FSRD. Para pemenang lomba debat kali ini akan mewakili ISI Denpasar untuk dapat bersaing dalam ajang National University English Debating Championship (NUEDC) tahun 2011. Selain itu dari hasil seleksi lomba ini pula telah berhasil menjaring mahasiswa untuk mengikuti program transfer kredit, dimana mahasiswa ISI Denpasar berpeluang menempuh pendidikan di Malaysia ataupun di Thailand. Dalam ajang PIMNAS 2010 pun ISI Denpasar mengikuti Lomba Pidato Bahasa Inggris dan Lomba Pidato Bahasa Jepang. Dalam sambutannya Dewi Yulianthi juga menyambut gembira dan merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini mampu mengasah penguasan bahasa asing yang nantinya berguna bagi mahaiswa ke depan. Ini adalah salah satu modal positif untuk ISI Denpasar dan mahasiswa pada khususnya untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya baik sesuai dengan disiplin ilmunya maupun kemampuan bahasa inggris yang merupakan modal kita dalam pergaulan internasional. Pada kesempatan tersebut tampak para peserta mengikuti dengan sangat antusias dan terlihat keakraban diantara mereka meskipun sedang berkompetisi.

Lomba Debat Bahasa Inggris ini dibagi menjadi 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final, dan yang bertindak sebagai ajudicator/juri adalah Ni Ketut Dewi Yulianti, S.S, M.Hum (FSP) Putu Agus Bratayadnya, S.S,M.Hum (FSRD) dan Ni Putu Tisna Andayani, S.S. (FSP). Adapun Juara dalam Lomba Debat kali ini adalah Juara I yaitu I Gd. Juliandika dari Jurusan Fotografi, Juara II diraih oleh Anak Agung Istri Karina M dari Jurusan Desain Komunikasi Visual, dan Juara III Ngurah Widnyana dari Jurusan Karawitan. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada malam kesenian yaitu pada tanggal 26 Juli 2010. Para juara akan menerima Plakat, Piagam penghargaan dan uang tunai.

Humas ISI Denpasar

Comments are closed.