The Center for World Music (Organisasi Ternama Dunia) Akan Gandeng ISI Denpasar untuk Event Internasional

The Center for World Music (Organisasi Ternama Dunia) Akan Gandeng ISI Denpasar untuk Event Internasional

Mendukung internasionalisasi perguruan tinggi seni, ISI Denpasar tak henti-hentinya menjalin kerjasama dengan pihak luar. Kerjasama yang dibangun baik bersifat akademik maupun non akademik. Salah satunya ISI Denpasar menjalin kerjasama dengan The Center for World Music, yaitu sebuah organisasi dunia yang bertujuan mendorong kesadaran dan pemahaman tentang seni pertunjukan tradisi melalui program perjalanan budaya, ajaran, dan kinerja program. Organisasi ini kerap melakukan pementasan/ konser besar bertaraf internasional. Hal tersebut terungkap saat kunjungan penjajakan Prof. Lewis Peterman selaku President Direktur The Center for World Music ke ISI Denpasar beberapa waktu lalu (9 Maret 2010). Kunjungannya diterima langsung Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S.M.A, didampingi oleh Pembantu Rektor I, I Ketut Murdana.

Prof. Lewis yang juga sebagai guru besar bidang etnomusikologi ini, mengungkapkan pada tahun 2010, The Center for World Music, akan menggelar program wisata budaya dan lokakarya di beberapa wilayah di dunia. Organisasi yang berada di San Diego, Amerika ini akan menawarkan perjalanan wisata dan kesempatan belajar di Turki, Cina, Indonesia, Afrika, dan Amerika Latin. Untuk di Indonesia dipilih wilayah Jawa dan Bali. Kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama 3 minggu berlangsung pada bulan Juni/ Juli tahun 2010. Salah satu kegiatannya di Bali adalah ke berkunjung dan belajar seni budaya Bali di ISI Denpasar. Dipilihnya ISI Denpasar karena menurut Prof. Lewis, lembaga ini sudah mampu menunjukkan gaungnya di kancah inetrnasional, dilihat dari fasilitas yang dimiliki serta sumber daya manusia (tenaga pengajar) yang professional. Dalam kunjungan singkatnya, Prof. Lewis juga merencamakan akan melakukan presentasi internasional di ISI Denpasar, dengan mengambil tema tentang music dunia.

Hal ini tentu sangat didukung dan disambut hangat oleh Rektor ISI Denpasar. Menurut Prof. Rai kegiatan yang bertaraf internasional ini akan mampu membuka cakrawala civitas ISI Denpasar baik tentang pengetahuan musik dunia maupun budayanya. Selain itu kita dapat belajar mengadopsi konsep-konsep musik barat dan ide-ide brilliant yang muncul saat event tersebut diadakan di Bali nantinya.

Humas ISI Denpasar Melaporkan

Comments are closed.