Tiga Dosen FSRD Pameran Di ALVA UWA Australia

Tiga Dosen FSRD Pameran Di ALVA UWA Australia

Hari Rabu,(21/9) tiga dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar, bertolak ke Faculty of Architecture, Landscape and Visual Arts (ALVA), University of Western Australia (UWA) Ini adalah implementasi MOU ISI-UWA dan MoA  antara FSRD-ALVA. Rektor ISI Denpasar, Prof. DR. I Wayan Rai.,S.MA menerima tim dosen FSRD diantaranya:  Dra. Ni Made Rinu, M.Si, Drs. I Made Bendi Yudha,M.Sn dan I Komang Arba Wirawan.,S.Sn.,M.Si yang diundang untuk berpameran, workshop dan memberikan kuliah di ALVA selama dua minggu 21 September sampai 2 Oktober 2011. “Saya melihat undangan ini merupakan sebuah kepercayaan kepada ISI”ungkap Rektor. “Untuk itu kesempatan yang baik ini dapat dilaksanakan sesuai dengan program yang direncanakan”ungkap Rektor.

Program ini berlangsung berkat keberhasilan mahasiswa ALVA yang mengikuti kuliah di FSRD dalam program "International Studio for Culture and Exchange FSRD – ALVA (ISACFA)” pada bulan Juni-Juli Tahun ini. “Saya berharap untuk peningkatan kualitas dosen kita program selanjutnya adalah pengambilan beasiswa untuk kuliah di ALVA, sedangkan ISI menawarkan mahasiswa ALVA untuk menempuh pendidikan Program Pascasarjana di isi” ungkap Rai.

Implementasi MoU keduanya adalah pemgiriman mahasiswa ALVA ke ISI Denpasar, Prof. Paul Trinidad mengajar di FSRD dan sekarang pengiriman dosen FSRD.

Ini menandakan MoU dan MoA tidak sebatas diatas kertas saja, bahwa implementasi Visi go Internasional berjalan sesuai dengan renstra ISI. Kata Rai. Pada kesempatan tim FSRD diterima Rektor ISI mengucapkan terimakasih atas bimbingan dan restu sehingga program dapat terlesakna sesuai dengan rencana.”Tanpa restu Bapak Rektor FSRD tidak akan bias seperti ini” ungkap Rinu. Ini kesempatan yang luar biasa memberi kuliah di luar negeri walaupun dengan keterbatasan yang ada. Hal ini merupakan pengalaman dan proses pembelajaran dan kesempatan ini akan menjadi catatan perjalanan FSRD kedepan” Imbuh Rinu.

Ni Made Rinu akan mempresentasikan lukisan kamasan dan tradisi ubud yang merupakan kompetensi yang digeluti selama ini. Begitu juga I Made Bendi Yudha yang membawakan materi lukisan kontenporer dan modern, akan mengerjakan proyek karyanya dan mempresentasikan kepada mahasiwa ALVA. Serta I Komang Arba Wirawan, mempresentasikan art fotografi, dalam proses penciptaan dari ide, konsep sampai teknik dalam penciptaan fotografi seni.

Kesempatan ini merupakan sebuah awal program berkelanjutan, yang rencananya akan diselenggarakan setiap tahun. Sehingga kami mengharapkan dosen FSRD membentuk karakter diri untuk dapat berkiblat dan go Internasional” harap Bendi.

Program ini juga mendapat dukungan dari Konsulat RI di Perth, sehingga kerjasama ISI Dps dan Perth selama ini akan terus dapat ditingkatkan. Rencana pameran yang dibuka bersama oleh Rektor ISI Dps- dan Rektor UWA, dengan undangan dari Konsulat RI di Perth, seniman, akademisi mahasiswa dan masyarakat pencita seni.

Comments are closed.