Tim Gamelan Bratislava Pukau Slowakia

Tim Gamelan Bratislava Pukau Slowakia

London - Tim Gamelan KBRI Bratislava memukau ratusan penonton yang memadati auditorium pusat eksibisi Incheba dalam acara Camera Slovakia sebagai bagian dari pameran pariwisata tahunan terbesar di Slovakia 17th International Travel Fair, yang digelar di Bratislava Ibukota Republik Slovakia, sejak 20 Januari lalu.
Gamelan Bali yang diiringi dengan berbagai alat musik antara lain angklung, flute dan trompet menampilkan lagu khas Indonesia dan Slovakia tampil dalam dua kali pertunjukkan Minggu di panggung pameran, demikian Sekretaris III KBRI Bratislava Slovakia, Fahmad Rifqi Ramulo dalam keterangannya kepada Antara London, Senin.
Para penonton berjubel tidak sabar menyaksikan penampilan tim gamelan KBRI Bratislava yang dimotori Kristina, gadis Slovakia dan pimpinan grup gamelan KBRI Bratislava, Lucian, berkebangsaan Romania.
Dikatakannya dalam pameran pariwisata terbesar di Bratislava itu, KBRI Bratislava mengandeng salah satu travel agent terbesar di Slovakia, Bubo Travel dalam pagelaran kebudayaan kali ini.
Selama dua tahun berturut-turut, penampilan tim gamelan KBRI Bratislava pada event tahunan pariwisata terbesar di Slovakia tersebut membuat budaya Indonesia semakin dikenal di Slovakia, khususnya pengunjung pameran yang tak hanya berasal dari Slovakia namun juga dari negara tetangga sepeti Austria, Ceko dan Hungaria.
Ramulo mengatakan Stand Indonesia dengan lokasi yang strategis selain membagikan-bagikan brosur pariwisata Indonesia secara gratis kepada pengunjung pameran, KBRI bermitra dengan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Budapest mempromosikan kopi, teh serta kuliner khas Indonesia.
Kepala ITPC Budapest, Nusa Eka memaparkan bahwa produk dari Indonesia seperti air kelapa muda dalam kemasan menjadi favorit pengunjung itu berhasil menembus pasar Eropa Tengah dan Timur.
Dengan rata-rata 60.000 orang pengunjung pameran setiap tahunnya, event ini diikuti sekitar 30 negara peserta pameran.
Pendapatan per kapita yang mencapai 22.000 dolar AS ketertarikan publik Slovakia pada budaya dan pariwisata Indonesia menjadikan Slovakia sebagai Negara yang potensial sebagai sumber wisatawan manca negara di masa mendatang.
Slovakia sebagai anggota Uni Eropa dan Eurozone memiliki kinerja perekonomian termasuk terbaik di kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang positif tiga persen pada 2010 lalu di tengah-tengah deraan krisis ekonomi global utamanya di Eropa. (ZG/K004)

Sumber: http://antaranews.com

Comments are closed.