Tingkatkan Kompetensi Dosen, Badan Penjaminan Mutu (BPM) ISI Denpasar Gelar Pelatihan Pekerti dan Applied Approach (AA)

Tingkatkan Kompetensi Dosen, Badan Penjaminan Mutu (BPM) ISI Denpasar Gelar Pelatihan Pekerti dan Applied Approach (AA)

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen PS Pedalangan).
Denpasar- Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, sebagai satu-satunya perguruan tinggi seni di Bali mempunyai konsekuensi tinggi dibidang pendidikan seni dan budaya dalam usaha pengkajian, pelestarian, pengembangan dan penyajian di bidang seni. Sesuai dengan UU RI Nomor 14 Tahun 2005. menyatakan bahwa dosen adalah pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar rujukan tersebut, maka ISI Denpasar memandang penting meningkatkan kompetensi dosen di lingkungan ISI Denpasar melalui Pelatihan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan pelatihan pendekatan terapan (Applied Approach) atau biasa dikenal dengan AA. Hal tersebut diungkapkan oleh Drs. I Wayan Gulendra, M.Sn. sebagai Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) ISI Denpasar saat pembukaan pelatihan pada 12 Desember 2012, bertempat di gedung Greenroom ISI Denpasar. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk penguasaan metode pembelajaran yang berbasis kompetensi untuk mencapai keselarasan terhadap kebutuhan pasar kerja”, ujar I Wayan Gulendra.
Sementara Rektor ISI Denpasar, yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Drs, I Ketut Murdana, M.Sn saat membuka acara pelatihan menyampaikan, bahwa pelatiahan ini akan membantu kinerja dosen dalam proses pembelajaran secara kreatif dan inovatif yang berorientasi pada pembelajaran “learning outcome”. I Ketut Murdana menambahkan, paradigma pendidikan telah mengalami perubahan yang sangat pesat, dengan adanya rekonstruksi kurikulum yang berbasis kompetensi. Pemahaman metode dan media pembelajaran sangat penting bagi para dosen, karena pembelajaran merupakan satu proses interaksi yang sistematis untuk mencapai proses perubahan peningkatan intelektual dan pola tindak bagi peserta didik.
Panitia pelaksana Drs. I Dewa Putu Merta, M.Si dan Drs. I Ketut Buda, M.Si menyampaikan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 25 dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yang terdiri dari 13 dosen dari Fakultas Seni Pertunjukan dan 12 dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain. Program Pekerti dan AA berlangsung dari tanggal 12 – 18 Desember 2012 yang bekerjasama dengan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Udayana.

Comments are closed.