Trompong Gong Kebyar Kajian Organologi

Trompong Gong Kebyar Kajian Organologi

Oleh:

Nama                     : I Putu Juliartha

Nim                       : 200602011

Program Studi       : Seni Karawitan

Trompong Gong Kebyar merupakan sebuah instrumen berpencol yang berbentuk bulat memiliki kaki atau lambe yang pada tengah-tengah bangun bagian atas atau muka terdapat sebuah cembungan yang mempunyai ukuran diameter paling kecil 3,5 cm hingga 7 cm yang disebut dengan moncol. Trompong merupakan instrumen yang biasa dipergunakan sebagai pengawit atau intro untuk memulai suatu gending atau tabuh sekaligus berfungsi sebagai pembawa melodi dalam memainkan gending-gending lelambatan klasik. Trompong dalam permainannya memberikan kesan indah, agung yang mempengaruhi suasana maupun karakter dalam penyajiannya.

Dalam skripsi ini akan dipelajari bagaimana  proses pembuatan Trompong Gong Kebyar yang dilakukan oleh pande gamelan di desa Tihingan kabupaten Klungkung, yang merupakan salah satu sentra penghasil gamelan berkualitas. Pembuatan Trompong Gong Kebyar akan dikaji dari sudut pandang organologi dengan mengamati hal-hal yang berhubungan erat dengan proses tersebut diatas seperti: bahan pembuatan trompong dengan memakai krawang, pengamatan dari segi teknik pembuatan dan pelarasan  memakai cara tradisional maupun cara modern, serta tinjauan musikalitas seperti adanya bentuk trompong yang bermacam-macam, dimana dari bentuk yang beragam tersebut akan menghasilkan karakteristik suara yang beragam pula. Dalam penelitian ini akan dibahas juga fungsi instrumen tersebut dalam barungan Gong Kebyar, beserta teknik permainannya.

Trompong Gong Kebyar tidak saja memiliki keunikan dalam penampilan atau bentuknya, tapi juga mempunyai keunikan dalam pembuatan dan pelarasannya yang belum begitu diketahui oleh masyarakat luas. Namun kajian tentang hal ini masih sangat sedikit, oleh karena itu penelitian tentang pembuatan dan pelarasan instrumen Trompong sangat perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembuatan dan mutu kerajinan gamelan di Bali. Maka dari itu penulis sangat tertarik dan ingin mengangkat topik ini dalam suatu penelitian yang berjudul “Instrumen Trompong Dalam Kajian Organologi ”.

Comments are closed.