Ujian Tugas Akhir Mahasiswa ISI Denpasar Gunakan Aplikasi Multimedia

Ujian Tugas Akhir Mahasiswa ISI Denpasar Gunakan Aplikasi Multimedia

Sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/RkjBawGk-ujian-tugas-akhir-mahasiswa-isi-denpasar-gunakan-aplikasi-multimedia

Ilustrasi. Medcom.id

Denpasar: Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar diberikan keleluasaan membuat karya cipta yang menjadi bahan ujian tugas akhir melalui aplikasi multimedia. Kebijakan ini tak lepas dari situasi pandemi virus korona (covid-19).

"Kami memberikan opsi untuk tugas akhir ini bisa membuat karya cipta langsung dengan maksimal melibatkan lima hingga enam orang, ataupun memilih opsi karya cipta melalui aplikasi multimedia," kata Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar I Komang Sudirga di Denpasar, Rabu, 5 Agustus 2020.

Selain dalam bentuk karya cipta seni, lanjut dia, mahasiswa kampus seni pelat merah itu juga memilih pengkajian seni atau skripsi dalam menyelesaikan tugas akhir. Ujian tugas akhir mahasiswa FSP ISI Denpasar yang dilaksanakan sepanjang Agustus 2020. Ujian diikuti 85 mahasiswa dari lima program studi, yakni Prodi Karawitan, Prodi Tari, Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Prodi Pedalangan, dan Prodi Musik.

"Ini bukan semata-mata kehendak mahasiswa tetapi karena situasi yang tidak memungkinkan mahasiswa melibatkan banyak pendukung untuk proses latihan pembuatan karya cipta seni," ujar Sudirga.


Sudirga menuturkan, dalam penggunaan aplikasi multimedia mahasiswa dapat menggabungkan teknologi dengan bermain sendiri atau memadukan dengan sistem perekaman dan proses sulih suara. Demikian juga untuk proses ujiannya bisa sepenuhnya melalui daring, ada juga yang merekam dalam bentuk video kemudian dipresentasikan di depan penguji. Untuk karya dipertanggungjawabkan pula melalui 'script' karya.
 
Sudirga berharap para mahasiswa tetap bersemangat mengikuti ujian tugas akhir kali ini. Meskipun, tidak bisa menampilkan karya cipta dengan melibatkan banyak pihak dan ditampilkan secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya. Para mahasiswa juga diingatkan untuk tetap melaksanakan kegiatan dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.
 
"Tetaplah berkarya menjadi putra-putri terbaik dan nantinya bisa terjun di masyarakat. Para mahasiswa, kami harapkan bisa berkontribusi bersama-sama untuk membangun Bali dan Indonesia melalui seni budaya," ucapnya.

Comments are closed.