Upaya Pimpinan Perguruan Tinggi Untuk Mendorong Kreativitas Dosen

Upaya Pimpinan Perguruan Tinggi Untuk Mendorong Kreativitas Dosen

Upaya Pimpinan Perguruan Tinggi Untuk Mendorong Kreativitas Dosen Dalam Proses Belajar Mengajar Di Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar

Oleh : (Drs. I Made Subandi, Jurusan Pedalangan, FSP ,DIPA 2007)

Abstrak penlitian

Dosen merupakan faktor yang amat penting untuk terselenggaranya pendidikan dsengan mutu yang baik. Tanpa dosen yang baik dan berkualitas dikhawatirkan perguruan tinggi tidak akan mampu menyelenggarakan tugasnya secara memadai, yaitu secara umum mencerdaskan kehidupan bangsa dalam arti yang seluas-luasnya, mengembangkan pribadi-pribadi manusia Indonesia seutuhnya, serta membentuk ilmuan dan tenaga ahli. Dosen yang baik dan berkualitas ialah dosen yang memenuhi syarat-syarat kepribadian, syarat-syarat teknis keguruan dan mempunyai kemampuan dan keterampilan yang cukup memadai. Tugas utama dosen adalah menyelenggarakan pengajaran dalam arti yang seluas-luasnya, yaitu pengajaran sebagai pelaksanaan pendidikan dalam maknanya yang utuh. Di samping itu dosen juga masih dibebani peran yang lain yaitu sebagai ilmuan, administrator maupun sebagai penasehat akademik, terutama di era globalisasi, dengan kemajuan teknologi informasi membuat mahasiswa berwawasan luas, semakin kritis dan berani mengemukakan pendapatnya. Untuk itu tugas dan tanggung jawab dosen semakin besar, sehingga dosen dituntut untuk mempunyai kemampuan dan ketrampilan serta kreativitas  yang cukup tinggi. Untuk itu perlu adanya upaya atau dorongan baik upaya dari dirinya sendiri maupun dari pimpinan perguruan tinggi terhadap para dosen agar mereka menjadi kreatif.

Bertitik tolak dari uraian diatas, maka penelitian ini mengkaji tentang upaya-upaya pimpinam Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam mendorong kreativitas dosen dalam proses belajar mengajar dengan fokus sebagai berikut : (1) Kreativitas dosen Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam perencanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran, (2) Upaya-upaya dosen Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar untuk meningkatkan kreativitas dalam proses belajar mengajar, (3) Upaya-upaya pimpinan Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam mendorong kreativitas dosen dalam proses belajar mengajar, (4) Hasil-hasil yang telah dicapai oleh pimpinan Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam mendorong kreativitas dosen dalam proses belajar mengajar. Untuk menjawab keempat permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kealitas dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dipadukan dengan snomball sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi, dan (3) studidokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan atau verivikasi.Analisis data yang diporoleh dari temuan-temuan penelitian dapat diungkapkan sebagai berikut : (1) Kreativitas dosen Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam proses belajar mengajar khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pengajaran, terlihat dari kemampuan dan keterampilan mereka dalam memecahkan berbagai persoalan yang timbul saerta keterbukaan mereka terhadap informasi, ide-ide atau gagasan-gagasan baru, dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pengajaran. Sebagai contoh dalam pelaksanaan mengajar dosen tidak terikat pada pokok bahasan yang ada dalam kurikulum, namun menambah hal-hal yang aktual yang ada kaitannya dengan materi yang diajarkan, (2) Upaya-upaya dosen Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar untuk meningkatkan kreativitas dalam proses belajar mengajar nampak dalam upaya mereka untuk menjadi dosen yang kreatif dan propesional dengan cara mengikuti berbagai kegiatan ilmiah, melanjutkan studi kejenjang S.2 dan S.3, terbuka terhadap informasi, ide-ide atau gagasan-gagasan baru, dan kemampuan mereka mengembangkan potensi yang ada pada dirinya seoptimal mungkin sehingga dengan potensi tersebut mereka dapat menghasilkan sesuati yang berkualitas dan dapat besaing dalam membuhkan sebuah karya yang kreatif dan berprestasi, (3) Upaya-upaya pimpinam Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam mendorong kreativitas dosen dalam proses belajar nengajar nampak dalam (a) usaha mereka mengembangkan kepercayaan yang tinggi pada dosen, memberi kebebasan yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, dan menciptakan suasana atau iklim yang kondusif agar mereka dapat bekerja dengan tenang an nyaman, dan (b) usaha mereka dalam menyediakan berbagai fasilitas sebagai contoh mengadakan berbagai kegiatan ilmiah dan menyediakan berbagai penerbitan karya ilmiah, dan (c) motivasi pimpinan terlihat dalam perilaku dan gaya kepemimpinannya yang konsultatif; selalu menganggap bawahaanya sebagai kolega, selalu bekerja keras pantang menyerah, selalu memberi keteladanan yang baik dan senang membantu bawahannya yang sedang menghadapi masalah, serta memberi pengakuan dan penghargaan kepada dosen yang kreatif dan berprestasi, (4) Hasil-hasil yang telah dicapai oleh Pimpinan Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dalam mendorong kreativitas dosen dalam proses belajar mengajar adalah meningkatkan semangat kerja bagi para dosen serta tumbuhnya rasa percaya diri, terdorong untuk, kreatif, produktif, berlaku disiplin, bersikap jujur dan terbuka terhadap informasi, ide-ide atau gagasan-gagasan baru.

Berdasarkan temuan peneltian ini, disarankan: (1) Semua dosen Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar hendaknya selalu terbuka terhadap informasi, ide-ide atau gagasan-gagasan baru dalam proses belajar mengajar khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pengajaran serta menyadari bahwa kreativitas itu penting bagi keefktifan pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan, (2) Semua dosen Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar hendaknya terus meningkatkan kreativitasnya dengan cara mengikuti berbagai kegiatan ilmiah, banyak membaca, menulis dan menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru dalam proses belajar mengajar untuk kemanjuan pendidikan, sehingga Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar dapat mengahsilkan alumni yang benar-benar memiliki kemampuan mengkaji, mencipta, memiliki keleluasaan ilmu dan kematangan propesional di bidang seni, (3) Pimpinan Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar hendaknya terus melakukan upaya untuk mendorong kreativitas dosen dengan cara menyelenggarakan kegiatan yang mernumbuhkan minat kreativitas dosen, menyediakan  fasilitas yang memadai, memberikan kebebasan,kepercayaan kesejahteraan, menciptakan iklim yang kondusif, mengakui dan menghargai prestasi dosen, sehingga mereka bisa bekerja dengan penuh gairah dan semangat yang tinggi, serta bisa berkarya dan berprestasi, (4) Pimpinan Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar hendaknya mempertahankan peningkatkan semangat kerja dosen yang telah tumbuh dan berkembang dengan berbagai karya hasil kreativitasnya, dalam rangka meningkatkan kualitas output Jurusan Seni Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, sehingga dapat menghasilkan sarjana yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.

Comments are closed.